Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.5245Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematatika dengan menggunakan Metode Kerja Kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang direncanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada Pelajaran Matematika dengan menggunakan Metode kerja kelompok mengalami peningkatan, ini terrlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dengan skor rata-rata siswa sebesar 68 dengan kriteria cukup baik, Sedangkan pada siklus II di memperoleh hasil belajar dengan skor rata-rata 80 dengan kriteria baik.
References
Edukasi, J. S. (2020). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP. 01(1), 67–80.
Hartati, T. (2004). Kurikulum Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Kelas Rendah. 1–51. http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA_DI_SEKOLAH_DASAR_KELAS_RENDAH/BBM_3.pdf
Julia, J., Kurnia, D., & Sudin, A. (2018). The Impact of Social Media on Communication Politeness: A Survey of Prospective Primary School Teacher Students. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 125. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i3.14492
Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Natsir, I. (2019). Musamus Jurnal of Mathematics Education. 2.
Setyosari, P. (2009). Pembelajaran Kolaborasi, Landasan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai dan Tanggung Jawab. In Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Suhito. (2018). Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dimensi Konseptual dalam Perkuliahan Geometri pada Jurusan Matematika FMIPA Unnes. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 464–470. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20133
Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur (JPP), No.4/IV, 76–84.