Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik

Masniah Masniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematatika dengan menggunakan Metode Kerja Kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang direncanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada Pelajaran Matematika  dengan menggunakan Metode kerja kelompok mengalami peningkatan, ini terrlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dengan skor rata-rata siswa sebesar 68 dengan kriteria cukup baik, Sedangkan pada siklus II di memperoleh hasil belajar dengan skor rata-rata 80 dengan kriteria baik.


Full Text:

PDF

References


Edukasi, J. S. (2020). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP. 01(1), 67–80.

Hartati, T. (2004). Kurikulum Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Kelas Rendah. 1–51. http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA_DI_SEKOLAH_DASAR_KELAS_RENDAH/BBM_3.pdf

Julia, J., Kurnia, D., & Sudin, A. (2018). The Impact of Social Media on Communication Politeness: A Survey of Prospective Primary School Teacher Students. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 125. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i3.14492

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Natsir, I. (2019). Musamus Jurnal of Mathematics Education. 2.

Setyosari, P. (2009). Pembelajaran Kolaborasi, Landasan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai dan Tanggung Jawab. In Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Suhito. (2018). Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dimensi Konseptual dalam Perkuliahan Geometri pada Jurusan Matematika FMIPA Unnes. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 464–470. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20133

Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur (JPP), No.4/IV, 76–84.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.5245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA