Hubungan Antara Minat Menari Siswa Kelas V Dengan Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Di SD Negeri 05 Gurung Kabupaten Kapuas Hulu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5543

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat menari siswa kelas V SD Negeri 05 Gurung. Kurangnya minat menari siswa tersebut menyebabkan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) khususnya materi seni tari rendah. Hal ini memotivasi peneliti untuk melakukkan penelitiian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan minat menari siswa kelas V dengan pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) materi seni tari di SD Negeri 05 Gurung Kabupaten Kapuas hulu tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian adalah korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat menari dan variabel terikat adalah pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 05 Gurung yang berjumlah 5 siswa dan yang akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumen. Selanjutnya, minat menari dan pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) akan di analisis menggunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut, didapatkan hasil angket minat menari siswa memperoleh rata-rata sebesar 61,2 dalam kategori cukup. Hasil belajar pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) materi seni tari memperoleh nilai rata-rata sebesar 71 dengan kategori cukup. Hasil uji korelasi antara minat menari dengan pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) adalah sebesar 0,976 dengan kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat menari siswa kelas V dengan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) SD Negeri  05 Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

 

Author Biography

Agusta - Kurniati, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Duc in altum

References

DAFTAR PUSTAKA

Afriyani, N. 2020. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Mata Pelajaran SBdP Melalui Metode Drill Siswa Kelas V Min 1 Metro”. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung.

Ahmad, S. 2013. Teori Belajar dan Pembelajran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashobah, D.N. dkk. 2019. “Analisis Minat Belajar Siswa Laki-Laki Kelas V Dalam Pembelajaran Seni Tari”. Jurnal Kontekstual. Volume 01, No. 1, Agustus 2019, Hal 39-44.

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, R.S. 2012. Keanekaragaman Seni Tari Nusantara. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero).

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gupita, E.K.E (elfridaeka50@gmail.com). 27 April 2019. Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Sekolah Dasar.

Irnawati. 2017. “Hubungan Kebiasaan Menulis Pantun Dengan Kemampuan Berbalas Pantun Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Sepauk Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Sintang: Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persada Khatulistiwa.

Junaidi, 2012. Tabel r (Koefisien Korelasi Sederhana) df = 1 – 200 (Online). http://junaidichaniago.wordpress.com (diakses pada hari Rabu, 26 Januari 2022).

, 2012. Titik Persentase Distribusi t. d.f. = 1 - 200 (Online). http://junaidichaniago.wordpress.com (diakses pada hari Rabu, 26 Januari 2022).

Kwon, R. 2000. “Hubungan antara Minat Tari, Mendalami Tari, dan Gairah Tari Mahasiswi Jurusan Tari”.Jurnal Akademik. Vol 78 No. 5 Hal 1-19.

Mulyani, S. 2014. “Upaya Meningkatkan Minat Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Model Kooperatif Di SMP”. Skripsi. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Muryanto. 2019. Mengenal Seni Tari Indonesia. Jawa Tengah: ALPRIN.

Pamaadhi, H. 2019. Pendidikan Seni di SD. Tanggerang Selatan: Gerina Prima.

Pitriani, S. 2020. “Analisis Materi Pokok Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Kelas III MI/SD”. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 7 No. 1, Hal 60-73 p-ISSN: 2407-2451, e-ISSN: 2621-0282.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putri, M. A. A. 2016. “Minat Siswa Kelas IV dan V Dalam Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di SD Negeri Pekauman 1 Kota Tegal”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Putra, A.S. 2019. “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan CV Wira Sukses Jaya Medan”. Jurnal Ilmiah Skylandsea. Volume 3 No.2. ISSN:26145154.

Ratiningrum, F. 2015. “Korelasi Antara Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Laki-Laki Dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP N 1 Jogonalan Klaten”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosala, D. 2016. “Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar”. Jurnal Seni dan Desain Serta Pembelajarannya. Volume 2 No. 1. ISSN 1412-653X.

Sari, D.S. 2019. “Pelaksanaan pembelajaran seni tari di SD Pius Kota Tegal”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sekarningsih, Frahma dan Rohayani, H. 2006. Pendidikan Seni Tari dan Drama. Bandung: UPI Press.

Shita, P.I. 2013. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Di SDN Randusari Kotagede Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatiif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Supardi, U.S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Ta’eno, M.A. 2021. “Analisis Pembelajaran SBdP Siswa Kelas V SDN 9 Mamboro Di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Tadulako: Universitas Tadulako.

Vandayanti, A. dkk. 2019. “Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari ditinjau dari Peserta Didik dan Orang tua”. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol 2 No 2,. P-ISSN : 2614-3909 e-ISSN : 2614-3895.

Wati, R. dan Iskandar, W. 2020. “Analisis Materi Pokok Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Kelas IV MI/SD”. Jurnal Penulisan Pendidikan & Pembelajaran. Volume 7 No. 3.E-ISSN: 2714-8483, P-ISSN: 2355-1003.

Yeniningsih, T.K. 2018. Pendidikan Seni Tari. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-01

How to Cite

Kurniati, A. .-. (2022). Hubungan Antara Minat Menari Siswa Kelas V Dengan Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Di SD Negeri 05 Gurung Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 60–73. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5543