Model Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda Lampung Selatan

Authors

  • Hardika Saputra IAI Agus Salim Metro

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik perlu dimulai sejak dini dalam setiap lingkungan peserta didik berada baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan juga lingkungan masyarakat. Sekolah Dasar menjadi menjadi sekolah yang mengawali dalam penanaman Pendidikan karakter dalam tingkat satuan Pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian dilakukan dengan Langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan (verifikasi). Dalam penelitian ini didapatkan bahwa Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda menggunakan beberapa model pembentukan karakter dalam rangka menanamkan karakter disipilin kepada peserta didik. Beberapa model tersebut diantaranya adalah pembiasaan, pembinaan, keteladanan, pembelajaran kontekstual, dan pemberian pujian.

 

Kata kunci : Model, Karakter, Disiplin

References

Al Hasan, Yusuf M. 2004. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Darul Haq.

Bogdan, Robert C., & Biklen Sari Knopp. 1998. Qualitative Research For Education, An introduction to Theory and Methods (Third Edition). USA: Allyn and Bacon.

Darsiah. 2020. Pembinaan Kedispilinan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin. Jurnal Al Mujaddid Humaniora. 6(1). 26-32.

Hayati, R. M., Albatul, S. F. A., Aziz, I., Huda, M., dan Rohman, M. 2021. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran PAI di SMAS TMI Roudlatul Qur’an Metro. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Tahun 2021. 801-807.

Hidaya, N., dan Yasipin, A. 2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak. 2(1). 11-22.

Irsan dan Syamsurijal. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Kota Baubau. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD). 5(1). 10-17.

Karso. 2019. Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 12 Januari 2019. 382-397.

Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Kurniawati. 2021. Peningkatan kedisiplinan melalui metode reward and punishment pada Siswa Kelas 2 SDN Keputran. Jurnal Foundasia. 12(1). 9-19.

Linda, Fiqri, K.R., 2020. Pendidikan Karakter Dalam pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. 3(3). 2222-2226.

Moleong, Lexy. J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nugroho, A. 2020. Penanaman Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar. 3(2). 90-100.

Peraturan Presiden. 2017. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Prasetyo, D., Marzuki, dan Riyanti, D. 2019. Pentingnya Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru. Jurnal Harmony. 4(1). 19-32.

Pratama, F.A., Faqih, A., dan Nurhadiansyah, A. 2018. Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Tentang Sumber Daya Alam. Jurnal ARJI: Action Research Journal Indonesia. 1(2) 2018. 110-122.

Salsabila, U.H., Hutami, A. S., Fakhiratunnisa., Ramadhani, W., dan Silvira, Y. 2020. Peran Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman. 10(3). 329-343.

Shoimah, L., Sulthoni., dan Soepriyanto, Y. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(2). 169-175.

Sriyatun. 2021. Urgensi Keteladanan Dalam Pendidikan Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan. 1(1). 14-24.

Sulistyowati, A dan Sugiarti, R. 2021. Hubungan antara Pemberian Hadiah terhadap Kedisiplinan Siswa melalui Motivasi Belajar sebagai Intervening. Philanthropy Journal of Psychology. 5(1). 231-246.

Yadriyan, M., Anisah., Adi, N., dan Al Kadri, H., 2021. Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pariaman. Journal Educational Administration and Leadership (JEAL). 1(4). 93-96.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Saputra, H. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda Lampung Selatan. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671