Analisis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Tomi Apra Santosa, Suhaimi Suhaimi, Sanju Aprilsia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA  selama pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustkaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini berasal penelusur literatur yang bersumber dari google scholar dan Eric Journal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik sangat baik diterapkan dalam proses pembelajaran IPA. Pendekatan saintifik mampu menumbuhkan keaktifan, memotivasi siswa bersemangat dalam belajar, menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan ilmiah pada siswa. Selain itu, penerapan pendekatan saintifik dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas mampu menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran (Student Centered).


Full Text:

PDF

References


Abdul Razak , Tomi Apra Santosa, Lufri, Z. (2021). Meta-Analisis: Pengaruh Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Lesson Study Siswa Pada Materi Ekologi dan Lingkungan Pada Masa Pandemi Covid-19. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 79–87.

Agung, I. G., Wulandari, A., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha ). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 82. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96

Andriyani, M., Harahap, F., & Silaban, R. (2018). Pendekatan Saintifik Siswa Kelas V Sd Sabilina. Jurnal Tematik, 3(1), 284–292.

Aulia, J., Permana P, N. D., Zarkasih, Z., & Nova, T. L. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9617

Beider, A. (2005). Scientific Approach to Etymology of Surnames Alexander Beider To. Names A Journal of Onomastics, 53(2), 79–126.

Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besa. JURNAL PESONA DASAR, 2(4), 63–71.

Budiasih, D. R. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasa, 1(1), 10–21.

Budiono, J. D. (2014). BioEdu BioEdu. 3(3), 571–579.

Dewi, P. S., & Diana, R. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Proses Aktivitas Guru dan Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2015(Snips), 489–492.

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1762

Lestari, D. A. (2013). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa. Widyagogik, 3(1), 66–79.

Machin, A. (2014). Plementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 16–20.

Penilaian, S., Pada, P., Belajar, H., & Salatiga, N. (2013). Studi Kasus Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Guru- Guru Di Sma N 1 Bawang (Studi Pada Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.

Prayitno, M. A., Wijayati, N., & Mursiti, S. (2017). Journal of Innovative Science Education. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 140–146.

Putri, K. E. (2020). Meta Analisis: Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 127–135. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14559

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70.

Ruci Pawicara1, M. C. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Santosa, T. A., Razak, A., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2021). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Zoologi di Era Covid-19. Pendidikan Biologi, 7(1), 77–83.

Santosa, T. A., Razak, A., Arsih, F., & Sepriyani, E. M. (2021). Meta-Analysis : Science Learning Based on Local Wisdom Against Preserving School Environments During the Covid-19 Pandemic. Journal of Biology Education, 10(2), 244–251.

Santosa, T. A., Yulianti, S., Biologi, P. P., & Padang, U. N. (2020). Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Science Education and Application Journal (SEAJ) Program, 2(2), 79–87.

Setiawan, A. R. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Fisika IV (SiNaFi IV) 2018. https://doi.org/10.31227/osf.io/7htuj

Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278

Sophuan. (2018). Peningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. Tadrib, IV(2), 335–355.

Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144

Wida Khusnul Solikha1, Martini2*, A. R. P. (2022). Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Ipa Di Masa Pandemi. 10(1), 142–149.

Yani Fitriyani, Irfan Fauzi, M. Z. S. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Yani Fitriyani1, Irfan Fauzi2, Mia Zultrianti Sari, 6(2), 165–175.

Yildirim, N., Kurt, S., & Bülbül, A. (2021). The Development of Scientific Discussion-oriented Activities to Remove the Misconceptions: The Unit of “Change of Matter.” Education Quarterly Reviews, 4(2). https://doi.org/10.31014/aior.1993.04.02.228

Yuniasih, N. (2013). Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 574–581.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA