ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI IPA TERHADAP CALON GURU SEKOLAH DASAR PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.797Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran ipa merupakan salah satu pembelajaran yang terdapat di sekolah dasar dan juga menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa. Keberhasilan pembelajaran sains di sekolah dasar ini dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki oleh guru atau calon guru. Pengetahuan calon guru akan sangat berpengaruh terhadap pembelajaran ipa. Kurikulum ipa juga telah diterapkan dibeberapa sekolah yang harapannya dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran ipa. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi IPA untuk calon guru. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi, dengan sampel terdiri dari mahasiswa semester 1 hingga semester 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 340 mahasiswa calon guru yang sedang menempuh pendidikan di Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jambi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan Bila seorang calon guru tidak memiliki kompetensi ipa (X = 0) , maka diperkirakan skor kompetensi pedagogik yang dimiliki adalah 4,5 sedangkan calon guru memiliki kompetensi IPA maka akan diperkirakan skor kompetensi pedagogik yang diperoleh adalah sebanyak 0,4 = 40%, ini membuktikan bahwasannya terdapat pengaruh yang kuat antara kompetensi pedagogik terhadap kompetensi ipa.
Kata kunci : calon guru sekolah dasar, kompetensi ipa, kompetensi pedagogik,
References
DAFTAR PUSTAKA
Parabelem T.D. Rompas, Hendrik J.R. Sumarauw, 2011, “pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan efektivitas kerja guru-guru di smk kristen getsemani manadoâ€, ED VOKASI, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 2, Nomor 2, hh 28-37.
Kamil YILDIRIM, 2011, “Depending on International Research Data Teaching Practices in Science and Technology Lessons in Primary Schools in Turkeyâ€, International Journal Of Environmental & Science Education, Volume 8, Issue 1, hh 175-178.
Deborah Loewenberg Ball and Francesca M. Forzani, 2009, “The Work of Teaching and the Challenge for Teacher Educationâ€, Journal of Teacher Education, DOI: 10.1177/0022487109348479, hh 497-511
Suprihatiningrum Jamil, 2016, “Guru Profesionalâ€, jakarta: Ar-ruzmedia.
Khusniati, M, Parmin & Sudarmin, 2017, ‘Local Wısdom-Based Scıence Learnıng Model through Reconstructıon of Indıgenous Scıence to Improve Student’s Conservatıonıst Character’, Turkish Science Education, vol. 14, no. 3.
Pinar, C, 2011, ‘Factors affecting the motivation of Turkish primary students for science learning’, Science Education International, vol. 22, no. 1, hh. 31-42.
Hacieminoglu, E, 2016, ‘Elementary School Students’ Attitude toward Science and Related Variables’, International Journal of Environmental & Science Education, vol. 11, no. 2, hh 35-52.
Stephen, M, 2012, ‘Giving Thought to Students’ Alternative Conceptions in Stereochemistry: One Teacher’s Basis for Pedagogical Content Knowledge Improvement’, Turkish Science Education, vol. 9, no. 4.
Kartal, T & Afacan, O, 2017, ‘Examining Turkish Pre-service Science Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Based on Demographic Variables’, Turkish Science Education, vol. 14, no. 1.
Leavy, Patricia. (2017). Researh Design. America: Guilford press