Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah dengan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI di SMAN 4 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Akhmad Sarjana SMA Negeri 4 Praya Lombok Tengah

DOI:

https://doi.org/10.29408/fhs.v2i2.1370

Keywords:

Application of Problem Based Cooperative Learning, Jigsaw Model and student learning achievement.

Abstract

The purpose of this study was to explain the application of problem-based cooperative learning with a jigsaw model to improve student achievement in class XI at SMAN 4 Praya Academic Year 2018-2019. The results showed that the application of Problem Based Cooperative Learning with the Jigsaw Model made: First, improve the performance of teaching staff in the material that the Development of Imperialism and Westhern Colonialism in each cycle. Second, increasing students in the learning process in globalization material in each cycle. Third, Increase the average student learning outcomes in the material Development of Imperialism and Westhern Colonialism in each cycle.

References

Aqip, Zaenal, 2003. Profesionalisme Pendidik Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2005. Tenaga pendidik dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajar, Arnie, 2004. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Gurnitowati dan Maliki, Ahmad, 2001. Dimensi-Dimensi Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Harjanto, 2005. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, Muslimin, 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Majid, Abdul, 2005. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Tenaga pendidik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy, J., 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Refisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhadjir, Noeng, 2003. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta : Rake Sarasin.

Mukhtar dan Rusmini, 2005. Pengajaran Remedial. Teori dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta : PT. Nimas Multimedia.

Mursall, J.L. dan Nasution, S., 2002. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bina Aksara.

Naskawati, Anggraini, 2002. Hubungan Status Kepegawaian pendidik, Kemampuan Mengajar, dan Disiplin Kerja Pendidik Dengan Prestasi Belajar Peserta didik Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Pidarta, Made, 2000. Cara Belajar mengajar di Universitas Negara Maju. Jakarta: Bumi Aksara.

Rindjin, Ketut, 1999. Strategi Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Menuju Masyarakat Madani. Makalah disampaikan dalam seminar dan Sarasehan Forum Komunikasi IX Pimpinan FPIPS-IKIP dan JPIPS-FKIP/STKIP se Indonesia tanggal 19 – 21 September 1999 di STKIP Negeri Singaraja.

Riyanto, Yatim, 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Slameto, 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A.M, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana, 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: CV. Alfabeta.

Winataputra dan Rosita, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depag RI

Winataputra, Udin, S., 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penelitian Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2018-12-04

How to Cite

Sarjana, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah dengan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI di SMAN 4 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 2(2), 106–117. https://doi.org/10.29408/fhs.v2i2.1370