ANALISIS MAJAS PERBANDINGAN DALAM KUMPULAN PUISI DANCING RAIN KARYA JANE ARDANESHWARI DAN IMPLEMENTASINYA DENGAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMP

Nur Fahiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis majas perbandingan yang terdapat dalam kumpulan puisi “Dancing Rain” karya Jane Ardaneshwari dan impelmentasinya dalam pengajaran apresiasi sastra di sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Tarigan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa majas perbandingan yang terdapat dalam antologi puisi total ada 10 majas perbandingan yaitu majas perbandingan perumpamaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, anitesis, pleonasme, perifrasis, prolepis, dan koreksio. Pembelajaran apresiasi sastra di SMP kita bisa lihat dengan adanya berbagai macam gaya bahasa yang beragam dan bervariasi cukup sulit untuk diajarkan kepada siswa sehingga pemahaman siswa kurang memadai untuk mengerti tentang majas terutama pada contoh gaya bahasa yang terdapat pada puisi Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa majas dalam kumpulan puisi dancing rain karya Jane Ardaneshwari yang paling dominan dari kategori berbagai majas lainnya. Hal tersebut disebabkan karena majas memiliki hubungan yang sangat penting dalam pembelajaran apresiasi sastra di smp yaitu salah satunya dengan puisi yang didalamnya memiliki majas yang membuat isi dari puisi menjadi hidup dan menarik.

Kata kunci: Majas, Puisi, Pembelajaran Apresiasi Sastra


Full Text:

PDF

References


Lestari1, S. P., Amalia2, S. N., & Sukawati3, S. (2019). ANALISIS MAJAS DALAM LIRIK LAGU “HINGGA UJUNG WAKTU” KARYA EROSS CANDRA. In Analisis Majas Dalam Lirik Lagu Hingga Ujung Waktu Karya Erosscandra | (Vol. 15).

Maghfiroh, L., Cuesdeyeni, P., & Asi, Y. E. (n.d.). ANALISIS CITRAAN DALAM KUMPULAN PUISI KUAJAK KAU KE HUTAN DAN TERSESAT BERDUAKARYA BOY CANDRA.

Nababan, V. D., Linarto, L., Gunawan, H., & Cuesdeyeni, P. (n.d.). GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM NOVEL GARIS WAKTU KARYA FIERSA BESARI.

Nafinuddin, S. (n.d.). MAJAS (MAJAS PERBANDINGAN, MAJAS PERTENTANGAN, MAJAS PERULANGAN, MAJAS PERTAUTAN) ).

Safitri Ardin Gazali Lembah, A. H., & Ulinsa, Mp. (2020). GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI PERAHU KERTAS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO (KAJIAN STILISTIKA). Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(4).

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Prasetyo, D., & Mujiyanto, Y. (2017). DIKSI DAN MAJAS DALAM NOVEL HIDUP BERAWAL DARI MIMPI KARYA FAHD DJIBRAN SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA. In Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Vol. 5, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.18358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats