Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Dr. Soetomo

Wahyuning Tyas, Kusmiyati Kusmiyati, Afan Faizin

Abstract


Dalam artikel ini dijelaskan mengenai pengaruh penggunaan Model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Dr. Soetomo dalam menulis teks anekdot. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Dr. Soetomo dan sampelnya kelas X3 sebagai kelas kontrol dan X7 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dua jenis data yakni data primer dan data sekunder. Untuk pengumpulan datanya, menggunakan teknik observasi, teknik tes, teknik dokumentasi dan teknik Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada artikel ini adalah hasil tes kemampuan awal membuktikan bahwa 14 orang siswa atau 44 % dan 18 orang siswa lainnya atau 56 % dinyatakan tidak tuntas dan setelah diberikan perlakuan Hasil tes kemampuan akhir membuktikan bahwa ketuntasan siswa meningkat sebesar 31,25 % yaitu dari 14 menjadi 24 orang siswa atau 75 % dan 8 orang siswa lainnya atau 25 % dinyatakan tidak tuntas.

Kata Kunci: Discovery Learning, Teks Anekdot, Hasil Belajar Siswa

 

Full Text:

PDF

References


Hutahaean, F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014. Basastra, 3(4).

Nurgiyantoro, Burhan. dkk. 2004. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press.

Sinaga, S. H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaraninkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suryani, Y., Istianingrum, R., & Hanik, S. U. (2021). Linguistik Forensik Ujaran Kebencian terhadap Artis Aurel Hermansyah di Media Sosial Instagram. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 107–118. https://doi.org/10.32528/bb.v6i1.4167

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

TO, E. O. M. D. L. Eksperimentasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 01 Bantaeng.

Waljinah, S. (2016). Linguistik Forensik Interogasi: Kajian Implikatur Percakapan Dari Perspektif Makna Simbolik Bahasa Hukum. Prosiding Prasasti, 0(0), 740–744. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/view/1666

Warami, H. (2021). Kejahatan Bahasa di Media Sosial Pada Wilayah Hukum Manokwari: Kajian Linguistik Forensik. IJFL (International Journal of Forensic …, 2(1), 19–26. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/ijfl/article/view/2263

Wicaksana, L. S. D., Pastika, I. W., & Satyawati, M. S. (2023). Kajian Linguistik Forensik Dalam Penyidikan Kasus PembunuhanEngeline. Journal of Arts and Humanities, 27(2), 217–226. http://theartsjournal.org/index.php/site/article/view/478/270




DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.21319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats