Meningkatkan Kemampuan Analisis Struktur Pidato dengan Metode Inquiry/Discovery pada Siswa Kelas IX B SMPN 1 Selong Tahun 2021/2022

Authors

  • Islahuddin Islahuddin SMPN 1 Selong

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.23279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis struktur pidato dengan metode Inquiry/Discovery pada siswa kelas IX B SMPN 1 Selong tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) Observasi dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah berupa LKPD dan rubrik penilaian untuk mengetahui kemampuan analisis struktur pidato dan pedoman observasi untuk mengamati proses pembelajaran (tindakan). Keberhasilan tindakan ditentukan dengan melihat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur pidato persuasif pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan skor rata-rata menganalisis struktur pidato persuasif sebesar 71 pada siklus I menjadi 78   pada siklus II. Dalam peningkatan aktivitas, terbukti secara signifikan, yaitu skor rata-rata aktivitas pada siklus I, yaitu sebesar 2,65 meningkat menjadi 3,75 pada siklus II. Penggunaan metode Inquiry/Discovery dapat meningkatkan kemampuan menganalisis pidato persuasif dan mutu pembelajaran pada siswa kelas IX SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks Ke-Indonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Beer, C.S., Beers, J.W., & Smith, J.O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: Guilford Press.

Greenleaf, C, dkk. (2011). Integrating Literacy and Science in Biology; Teaching and Learning Impacts of Reading Apprenticeship Profesional Development.”American Educational Research Journal 48 (3): 647-717.

Gulo, W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Halidy, M.A.K. dan Hasan, Ruqaiya. (1992). Bahasa, Konteks, dan Teks.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No 64 Tahun 2013 tentang “Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No 23 Tahun 2015 tentang “Gerakan penumbuhan budi pekerti.” Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016) Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjend Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP.

Kemendikbud. (2018). Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020). Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Jenjang SMP. Jakarta: Dirjend Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Keraf, Gorys. (1999) Diksi Dan Gaya Bahasa, Jakarta: P.T. Gramedia Pustaka Utama.

Kisyani-Laksono, dkk. (2016) Manual Pendukung Gerakan Literasi Sekolah Untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat pengembangan SMP, Dikdasmen, Kemendikbud.

Kisyani-Laksono, dkk. (2017). Pengembangan Budaya Literasi dan Strategi Literasi dalam Pembelajaran di SMP, Materi Bimbingan Teknis SMP rujukan. Jakarta: Kemdikbud, Satgas GLS, Ditjend Dikdasmen.

Knap, Laster. (1985). Genre, Teks, Grammar. Sydney: Universitasity of New Southt Wales Press Ltd.

Mafrukhi. (2016). Mahir Berbahasa Indonesia, Jilid 2 Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mahsun. (2014). Teks Dalam PembelajaranBahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ming, K. (2012). ‘’10 Content-Area Literacy Strategis for Art, Mathematics, Music, and Physical Education, The Clearing House, 85: 213-220.

Mustika, Ika, dkk. (2021). Menulis Teks Pidato Persuasif, Motivasi Belajar, dan Pendekatan Saintifik dengan Bantuan Media Powtoon. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10 (1).

Nurhadi, dkk. (2005). Bahasa dan Sastra Indonesia, untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pahl. K, Rowsell, J. (2005). Literasi and Education. London: Paul Chapman Publishing.

Purwo, Bambang Kaswanti. (1993). Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak kurikulum 1984. Yogjakarta: Kanisius.

Santoso, A.D., (2020). Bahasa Indonesia, Untuk SMP/MTs Kelas IX. Yogyakarta: PT. Intan Pariwara.

Soeharto. (2004). Menyemai Benih-benih Teknologi Pembelajaran. Bandung: Tarsito.

Srianah. (2020). Kartu Pintar Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Berpidato Persuasif Kelas IX SMP Negeri 1 Sukapura Kab. Probolinggo. Jurnal JIRA 1 (1).

Suroto. (2010). Meningkatkan Keterampilan Pidato Persuasif dengan menggunakan Metode Simulasi siswa kelas XII IPS 1 semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal JIRA 1 (1).

Tarigan, Henry Guntur. (1993). Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Tilaar, H.A.R. (1990). Pendidikan dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto, Agus. (2018). Buku Guru Bahasa Indonesia. Klaten: PT. Mancanan Jaya Cemerlang.

Zabadi, Fairul dkk. (2013). Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Buku Siswa Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, RI.

Zainal, Aqib. (2010). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Islahuddin, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Analisis Struktur Pidato dengan Metode Inquiry/Discovery pada Siswa Kelas IX B SMPN 1 Selong Tahun 2021/2022. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 501–512. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.23279