Peristiwa Alih Kode dan Campur Kode di Kolom Komentar Video “Nostalgia Hal-Hal Gila” Youtube Rahmet Ababil Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6612Abstract
Artikel ini mengkaji campur kode dan alih kode yang terdapat pada kolom komentar Youtube Channel Rahmet Ababil tentang kisah kenakalan anak STM. Penelitian ini berfokus pada bentuk, faktor, dan jenis campur kode yang terdapat di kolom komentar channel Youtube Rahmet Ababil. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode mendengarkan dengan memanfaatkan teknik percakapan terbuka, screen recording, dan note-taking, dan analisis data meliputi teknik penentuan elemen sorting (PUP), menulis perbedaan urutan, dan menyusun elemen. . Hasil penelitian di kolom komentar beberapa bentuk campur kode Youtube Channel Rahmet Ababil: (1) Campur Kode yang berwujud frasa, (2) Campur Kode yang berwujud klausa, (3) Campur Kode yang berwujud kata, (4) Campur Kode yang berwujud pengulangan kata. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya campur kode yaitu: keterbatasan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, pembicara dan mitra pembicara serta pribadi pembicara, tempat tinggal dan waktu pembicara berlangsung, modus, fungsi, dan tujuan ragam dan tutur bahasa, hadirnya pihak ketiga, pokok pembicaraan untuk membangkitkan rasa humor, dan untuk sekedar bergengsi. Hubungannya dalam pembelajaran yakni seorang guru atau pendidik sering kali menggunakan proses alih kode dan campur kode yang bertujuan agar para siswa atau peserta didik lebih mudah menangkap apa yang hendak pendidik atau guru utarakan dalam proses pembelajaran mengenai materi yang hendak disampaikan.
Kata kunci: Alih Kode dan Campur Kode, Komentar Youtube, Pembelajaran Bahasa Indonesia
References
Agustinuraida, I. (2017). Alih Kode Dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Diksatrasia, 01(02), 65–75.
Alatas, M. A., & Rachmayanti, I. (2020). Penggunaan Campur Kode dalam Komunikasi Santri di Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. Jurnal Satwika, 4(1), 43. https://doi.org/10.22219/satwika.vol4.no1.43-55
Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 93. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3714
Cintya Dewi, N., Nisfi Setiana, L., & Azizah, A. (2020). Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Film Pendek “KTP” oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPT) dan Relevansinya pada Pembelajaran Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 49–69.
Dwi Nitisari, Suci Budiwaty, I. L. (2021). UG JURNAL VOL.15 Edisi 05 Mei 2021. 15, 15–23.
Fauziyah, A., Itaristanti, I., & Mulyaningsih, I. (2019). Fenomena Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Angkutan Umum (ELF) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon. SeBaSa, 2(2), 79. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1334
Hapsari, N. R., & Mulyono. (2018). Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Youtube Bayu Skak. Bapala, 07(1), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/24680
Hastuti, D. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Konten Video Youtube Jang Hansol. https://doi.org/10.31227/osf.io/jf9w5
Jendra, M. I. I. (2012). Sosiolinguistic. In Yogyakarta : Graha Ilmu.
Ningrum, F. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Postingan di Akun Instagram Yowessorry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2), 95–102. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/3500/pdf
Oktarina, S. E. (2019). Kajian sosiolinguistik campur kode pada bahasa prokem remaja zaman sekarang dalam media sosial instagram. Menjawab Tantangan Pendidikan Melalui Literasi Budaya Pada Era Disrupsi, 305–313.
Rini, M. A. S. (2016). Alih Kode dan Campur Kode dalam Ceramah Agama K.H. Anwar Zahid. Surabaya: Unesa.
Sabilla, A. F. (2020). Pengaruh Alih Kode dan Campur Kode pada Kanal Youtube “Nihongo Mantappu” Terhadap Eksistensi Pemakaian Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/8ahvx
Setyawati, N. (2014). Pemakaian Bahasa Gaul Dalam Komunikasi Di Jejaring Sosial. Sasindo. http://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/view/974
Suandi. (2014). Sosiolinguistik. In Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sugih, A., Fitriany, L., & Sipa, N. (2021). Analysis of Code Mixing in #Nebengboy Vlog Opening on Boy William’S Youtube Channel. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana 2021, 87–93.
Surtama, I. G. P. (2017). Campur Kode dalam Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Sosial"WhatsApp". Sosial Dan Humaniora, 8(2), 192.
Wirahyuni, K. (2017). Campur Kode dalam Iklan di Radio dan Telivisi. Jurnal IKA, 15(2), 157. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/20193
Yanti, F., Nirmala, A. F., & Chamalah, E. (2020). Campur Kode Dalam Tuturan Video Blog Youtube Agung Hapsah “Fintech.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 97–111. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4840
Yanto, B., & Nurzaman, B. (2022). Triangulasi Jurnal Pendidikan : Kebahasaan , Kesastraan , dan Pembelajaran l KAJIAN SOSIOLINGUISTIK ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DISAJIKAN DALAM MEDIA YOUTUBE. 02(April).
Yuniati, I. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 6 Kabupaten Bengkulu Tengah. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 47–65. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.14