Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Siniar “Thirty Days Of Lunch” dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Di SMA
DOI:
https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6829Abstract
Masyarakat Indonesia memiliki beragam bahasa sehingga sangat mungkin terjadi fenomena alih kode dan campur kode. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud alih kode beserta faktornya, faktor penyebab terjadinya campur kode pada siniar Thirty Days Of Lunch Podcast dan pemanfaatan penelitian sebagai bahan ajar di Sekolah Menengah Atas. Peneltian ini adalah deksriptif-kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi simak dan catat. Teknik analisis data yaitu data mengenai bentuk alih kode dan campur kode pada siniar “Thirty Days Of Lunch Podcast” dikumpulkan, kemudian diklasifikasikan berdasarkan bentuk alih kode dan campur kode, kemudian dianalisis berdasarkan bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode, setelah data dianalisis kemudian disimpulkan. Adapun hasil penelitian ditemukan data alih kode berupa alih kode eksternal dan data campur kode yang meliputi kata, frasa, klausa, perulangan kata, baster dan idiom. Adapun aktor penyebabnya yaitu penutur, mitra tutur, dan ajang bergengsu pada alih kode. Pada campur kode yaitu data penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia khususnya pada materi Drama K.D. 319.
Kata Kunci: Alih Kode, Campur Kode, Bahan Ajar, Bahasa Indonesia.
References
Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Cetakan 4. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. (2019). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Pamungkas, F. (2018). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Dalam Pembelajaran BIPA di Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Frirama Foneri, B. (2020). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Pada Channel YouTube Learn Japanese Online With Bondlingo. Skripsi. Repository.ub.ac.id. Malang: Universitas Brawijaya.
Guntur Tarigan, H. (2009). Pengajaran Kedwibahasaan Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.
Moelong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nabban, P. (1984). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.
Pranowo. (2019). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Wallace, D. (2016). How Multilingual Is Your Country?I. Retrieved from Infographic Journal: https://infographicjournal.com/. Diakses 27 November 2022.
Warsiman. (2014). Sosiolinguistik: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.