PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA KELAS IV SD

Elok Maulidyah, M THamrin Hidayat, M THamrin Hidayat, Suharmono Kasiyun, Suharmono Kasiyun, Sri Hartatik, Sri Hartatik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis desain Pre-Eksperimental model One-Group Pretest Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal Pretest dan Posttest. Untuk menentukan perangkat pembelajaran sudah sesuai penelitian dilakukan validasi dua pakar kemudian dicari percentage of  aggrement. Teknik analisis data yang digunakan adalah Shapiro-Wilk untuk mencari normalitas data, One Way Anova untuk mencari homogenitas data, serta uji statistik non parametrik berupa Wilcoxon Matched Pairs untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian berupa Posttest yang dihitung dengan SPSS versi 16 menunjukkan output “Test Statistics†Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Labschool Unesa Lidah Wetan Surabaya.

Kata Kunci : Project Based Learning, Berpikir Kreatif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.