Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Eliza Febriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika  melalui model pembelajaran Problem Based Learning  tentang materi pola bilangan pada siswa kelas 1B SDN 3 Sekarteja tahun pembelajaran 2022/ 2023. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Sekarteja tahun pelajaran 2022/2023 dengan subyek penelitian siswa kelas I B SDN 3 Sekarteja. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan yang terdiri dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan II pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning. Masing – masing siklus melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan ( observasi ) dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika, terbukti dari rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I (satu) 6,8, dan rata – rata 7,4 pada siklus akhir, berarti mengalami peningkatan 6. Dengan persentase ketuntasan pada siklus I 73% mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus akhir. Persentase ketuntasan mengalami peningkatan 27%.
Kata kunci : Peningkatan prestasi belajar Matematika, pembelajaran berbasis masalah
 

Full Text:

PDF

References


Fajar Shadiq. 2003. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matemátika, (Yogyakarta: PPPG Matemátika).

I Wayan Santyasa. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kooperatif, (Nusa Penida: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha).

Mulyasa, E. (2005), Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda

Purwantoro, Eko. 2005. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas II-C SMP Negeri 22 Semarang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES

Sri Wardhani. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Berbasis Masalah (Problem Based Instruction), (Yogyakarta: PPPPTK matemátika).

Sumardiyono. 2007. Tips dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving, (Yogyakarta: PPPPTK Matemátika).




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.