: Call for Papers (Covid-19)

Sejak diumumkannya Covid-19 sebagai pandemi oleh WHO pada tanggal 30 Januari 2020 yang lalu, hampir semua negara mulai serius dalam menangani pandemi tersebut, tidak terkecuali Indonesia. Penyebaran Covid-19 begitu cepat sehingga mempengaruhi hampir semua sektor, mulai dari sektor sosial, ekonomi, pendidikan, dan yang lainnya. Sejak ditemukannya kasus Covid-19 pertama kali pada tanggal 2 Maret 2020 di Indonesia, sudah ada 2.092 kasus yang terkonfirmasi sampai saat ini, 4 April 2020.

Banyak sektor yang terdampak dari pandemi ini, salah satunya adalah sektor pendidikan. Lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi diperintahkan melaksanakan proses pembelajaran dari rumah agar bisa memutus penyebaran Covid-19. Pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan serta kementerian agama memerintahkan agar proses pembelajaran harus tetap berjalan dengan maksimal dalam waktu yang telah ditentukan. Menanggapi hal tersebut, berbagai upaya dilakukan oleh lembaga pendidikan agar bisa memastikan proses pembelajaran tetap berlangsung dengan baik, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi dan informasi.

Proses pembelajaran selama pandemi akan memungkinkan terjadi banyak hal. Peluang ini harus ditangkap oleh para peneliti dalam melakukan inovasi agar hasil penelitiannya bisa dimanfaatkan oleh guru, siswa, pemangku kebijakan, atau yang lainnya. Oleh karena itu, tim editor Jurnal Elemen punya inisiatif untuk mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan matematika selama Covid-19.

Jurnal Elemen menerima artikel hasil penelitian pendidikan matematika khususnya yang terkait dengan kajian di saat Covid-19 ini. Beberapa topik yang termasuk diantaranya adalah:

1. Desain pembelajaran matematika selama Covid-19

2. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran matematika selama Covid-19

3. Psikologi siswa/mahasiswa dalam pembelajaran Matematika di saat Covid-19

4. Socio-cultural dan ekonomi dan dampaknya terhadap pendidikan matematika selama Covid-19

5. Kemampuan pedagogy guru dalam pembelajaran jarak jauh selama Covid-19

6. dan topik lainnya yang relevan dengan pendidikan matematika selama Covid-19

Artikel akan dipublikasikn mulai pada Volume 6 Nomor 2, Juli 2020. Penulis harus tetap mengikuti panduan dan template penulisan artikel pada Jurnal Elemen. Atas partisipasi para penulis kami ucapkan terima kasih.