PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN ( MGMP ) BAHASA INDONESIA DI SMPN 1 LABUHAN HAJI TAHUN 2016/2017

Islahuddin Islahuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru Bahasa Indonesia dalam (1) merencanakan pembelajaran, (2) menerapkan strategi pembelajaran, (3) mengelola kelas, dan mengevaluasi pembelajaran melalui pelaksanaan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) di SMPN 1 Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan dengan  dua siklus. Obyek penelitian ini adalah 15 guru Bahasa Indonesia 15 guru Bahasa Indonesia yang menjadi anggota MGMP Bahasa Indonesia  Rayon Tengah yang kegiatannya dipusatkan di SMPN 1 Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pengetahuan kinerja guru, pedoman observasi, wawancara, penilaian portofolio. Pengujian hipotesis dilakukan dengan melihat peningkatan kinerja guru persiklus. Rata-rata skor tes kinerja meningkat dari 53,2  hingga mencapai 68,9 pada siklus II. Karena skor kinerja telah mencapai 68,9 ( dibulatkan menjadi 70 ), maka Hipotesis alternatif  (Ha) yang menyatakan pelaksanaan MGMP di SMPN 1 Labuhan Haji dapat meningkatkan kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran, menerapkan strategi pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengevaluasi pembelajaran diterima. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan MGMP di SMP N 1 Labuhan Haji dapat meningkatkan kinerja guru Bahasa Indonesia dalam merencanakan pembelajaran, menerapkan strategi pembelajaran, mengelola kelas dan mengevaluasi pembelajaran. Dengan demikian pelaksanaan MGMP yang dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen sumberdaya manusia dapat meningkatkan kinerja guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan pada guru, kepala sekolah, dan pengawas pendidikan agar memberdayakan MGMP MGMP yang ada terutama di sekolah karena dapat meningkatkan profesionalisme guru.

Kata kunci: kinerja guru, MGMP, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1038

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats