PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS AUTHENTIK ASSESMENT TERHADAP APLKASI KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR IPA (BIOLOGI) PADA SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN NW PANCOR

Penulis

  • Ansori Ansori Pendidikan Biologi STKIP Hamzanwadi Selong

Kata Kunci:

Pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Authentic Assesment, Aplikasi konsep dan Motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Autenthic Assesment terhadap aplikasi konsep siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor (2) mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Autenthic Assesment terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor (3) Mengetahui pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Autenthic Assesment terhadap aplikasi konsep dan motivasi belajar siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2013.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Eksperimen merupakan suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol dan selanjutnya dianalisis menggunakan angka-angka sebagai hasil akhir. Desain dari True Eksperiment ini menggunakan Preetest-Posttest Control Group didasarkan atas pendapatnya Arikunto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor dari Kelas X1 sampai X4 tahun pembelajaran 2013 yang berjumlah 125 orang. Dikarenakan populasi lebih dari 100 orang maka pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dari semua populasi yang ada peneliti mengambil kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang.

Dari hasil Uji-t dan Uji MANOVA menggunakan aplikasi SPSS-PC 16.0 for windows pada kelompok eksperimen untuk pengaruh pendekatan pemebelajaran kontekstual berbasis Authentic Assesment terhadap aplikasi konsep siswa diperoleh thitung = 0,674 sedangkan ttabel = 0,374 atau ttabel (0,674>0,374) dengan taraf signifikan 0,374 lebih kecil dari a = 0,05 hal ini berarti Ho diterima atau Ha ditolak. Kemudian pada pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Authentic Assesment terhadap motivasi belajar IPA (Biologi) didapatkan thitung = 1,122 sedangkan untuk angka Ftabel  = 4,02 pada dk 2 = 57 maka harga thitung = 1,122<ttabel = 0,266, hal ini berarti bahwa Ha ditolak atau Ho diterima pada taraf signifikansi a = 0,55.

Referensi

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

B.Uno, Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Baharuddin dkk. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Berns, R.G. and Erickson P.M. 2001. Contextual Teaching and Learning The Higlight Zone (Online). Tersedia: http://www.nccte.org/infosynthesis/higlightzone.com/ diakses 17 Desember 2013

Balnchard, A. 2011. Contextual Teaching and Learning. (Online). Tersedia: http:// www.Horizonshelpr.org /contextual.com/ diakses 17 Desember 2013

Depdiknas. 2002. Rencana Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas

Gagne, R.M. 1985. The Conditions of Learning and Theory of Instruction. (4th edition). New York: Holt, Rinehart, and Winston

Gusmayanti, T. 2012. Pengaruh Problem Base Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Siswa Kelas X MA NW Kotaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. STKIP Hamzanwadi Selong: Skripsi tidak diterbitkan

Haerani,Wahyu. 2010. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Authentic Assesment Terhadap Prestasi Belajar Matemetika Materi Pokok Fungsi Siswa MTs. NW Suradadi Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning : What it is and why it is here to stay. California USA: Corwin Press. Inc

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rifka Aditama

Muslich, M. 2011. Authentic Assesment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Rifka Aditama

Nana, Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Nugroho, Bhuwono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Press

Nurhadi dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2009. Metode Penelitiaan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Remaja Rosdakarya

Sumaji dkk. 1998. Pendidikan Sains yang Humanistis, Kanisius. Yogyakarta

Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP Malang

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suwandi, S. 2010. Model Asesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Usman. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Diterbitkan

2018-07-23

Terbitan

Bagian

Articles