PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS AUTHENTIK ASSESMENT TERHADAP APLKASI KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR IPA (BIOLOGI) PADA SISWA KELAS X MA MU’ALLIMIN NW PANCOR
Kata Kunci:
Pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Authentic Assesment, Aplikasi konsep dan Motivasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Autenthic Assesment terhadap aplikasi konsep siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor (2) mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Autenthic Assesment terhadap motivasi belajar siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor (3) Mengetahui pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Autenthic Assesment terhadap aplikasi konsep dan motivasi belajar siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2013.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Eksperimen merupakan suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol dan selanjutnya dianalisis menggunakan angka-angka sebagai hasil akhir. Desain dari True Eksperiment ini menggunakan Preetest-Posttest Control Group didasarkan atas pendapatnya Arikunto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Mu’allimin NW Pancor dari Kelas X1 sampai X4 tahun pembelajaran 2013 yang berjumlah 125 orang. Dikarenakan populasi lebih dari 100 orang maka pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dari semua populasi yang ada peneliti mengambil kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang.
Dari hasil Uji-t dan Uji MANOVA menggunakan aplikasi SPSS-PC 16.0 for windows pada kelompok eksperimen untuk pengaruh pendekatan pemebelajaran kontekstual berbasis Authentic Assesment terhadap aplikasi konsep siswa diperoleh thitung = 0,674 sedangkan ttabel = 0,374 atau ttabel (0,674>0,374) dengan taraf signifikan 0,374 lebih kecil dari a = 0,05 hal ini berarti Ho diterima atau Ha ditolak. Kemudian pada pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis Authentic Assesment terhadap motivasi belajar IPA (Biologi) didapatkan thitung = 1,122 sedangkan untuk angka Ftabel = 4,02 pada dk 2 = 57 maka harga thitung = 1,122<ttabel = 0,266, hal ini berarti bahwa Ha ditolak atau Ho diterima pada taraf signifikansi a = 0,55.
Referensi
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
B.Uno, Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Baharuddin dkk. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Berns, R.G. and Erickson P.M. 2001. Contextual Teaching and Learning The Higlight Zone (Online). Tersedia: http://www.nccte.org/infosynthesis/higlightzone.com/ diakses 17 Desember 2013
Balnchard, A. 2011. Contextual Teaching and Learning. (Online). Tersedia: http:// www.Horizonshelpr.org /contextual.com/ diakses 17 Desember 2013
Depdiknas. 2002. Rencana Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas
Gagne, R.M. 1985. The Conditions of Learning and Theory of Instruction. (4th edition). New York: Holt, Rinehart, and Winston
Gusmayanti, T. 2012. Pengaruh Problem Base Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Siswa Kelas X MA NW Kotaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. STKIP Hamzanwadi Selong: Skripsi tidak diterbitkan
Haerani,Wahyu. 2010. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Authentic Assesment Terhadap Prestasi Belajar Matemetika Materi Pokok Fungsi Siswa MTs. NW Suradadi Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan
Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning : What it is and why it is here to stay. California USA: Corwin Press. Inc
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rifka Aditama
Muslich, M. 2011. Authentic Assesment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Rifka Aditama
Nana, Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nugroho, Bhuwono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Press
Nurhadi dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitiaan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Remaja Rosdakarya
Sumaji dkk. 1998. Pendidikan Sains yang Humanistis, Kanisius. Yogyakarta
Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP Malang
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suwandi, S. 2010. Model Asesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Usman. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya