PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE TEAM GAME TOURNAMEN (TGT) PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII SMPN 2 WANASABA

Penulis

  • Bella Bella Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan ( MIPA) Ilmu Pengetahuan Alam

Kata Kunci:

Perbandingan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Tipe TGT, terhadap prestasi belajar siswa

Abstrak

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Team Game Tournamen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi pokok pertumbuhan dan perkembangan Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Hasil analisis data, untuk kelompok eksperimen diperoleh skor tertinggi 95 dan terendah 50. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 2 Wanasaba termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh skor tertinggi 85 dan terendah 40 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dengan Tipe Team Game Tournamen Terhadap Prestasi Belajar Siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Team Game Tournamen terdahap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan kelas VIII SMPN 2 Wanasaba.

Referensi

Rafiqi, Ahmad.2009. “penerapan pembelajaran cooperative tipe NHT dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan peluang kelas XI MA. Kabar Tahun Ajaran 2008/ 2009â€skripsi. Tidak diterbitkan. STKIP Hamzanwadi Selong

Anita lie.2002. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Djamarah,Saiful Bahri.1994.Prestasi belajar dan kompetensi guru.Surabaya: Usaha nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta

E. Slavin, Robert. 2001. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa media

Fuchan,Arief.2004.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Malang: Pustaka Pelajar

Http://www.Martiningsih. Blogspot.com/2007/12/macam-macam metode-metode Penelitian

Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan.

Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Irzani. 2007. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Yogyakarta: PT.Media Grafindo Press.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: alfabeta.

Http://www.Martiningsih. Blogspot.com/2007/12/macam-macam metode-metode Penelitian

Irzani. 2007. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Yogyakarta: PT.Media Grafindo Press.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: alfabeta.

M.Kholqi dan Ali Gunawan. 2007. Statistik Penelitian (Konsep & Aplikasi). Lombok timur: STKIP Hamzanwadi Selong.

Moleong,J.Lexy.2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT.Rosdakarya

Nasution, Noehi dkk. 1997.Materi Pokok Psikologi Pendidikan.Jakarta: Universitas Terbuka

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Jaya. Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar

Diterbitkan

2018-07-23

Terbitan

Bagian

Articles