PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE TEAM GAME TOURNAMEN (TGT) PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIII SMPN 2 WANASABA
Kata Kunci:
Perbandingan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan Tipe TGT, terhadap prestasi belajar siswaAbstrak
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Team Game Tournamen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi pokok pertumbuhan dan perkembangan Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Hasil analisis data, untuk kelompok eksperimen diperoleh skor tertinggi 95 dan terendah 50. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 2 Wanasaba termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh skor tertinggi 85 dan terendah 40 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dengan Tipe Team Game Tournamen Terhadap Prestasi Belajar Siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan tipe Team Game Tournamen terdahap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan kelas VIII SMPN 2 Wanasaba.
Referensi
Rafiqi, Ahmad.2009. “penerapan pembelajaran cooperative tipe NHT dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan peluang kelas XI MA. Kabar Tahun Ajaran 2008/ 2009â€skripsi. Tidak diterbitkan. STKIP Hamzanwadi Selong
Anita lie.2002. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Djamarah,Saiful Bahri.1994.Prestasi belajar dan kompetensi guru.Surabaya: Usaha nasional
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta
E. Slavin, Robert. 2001. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa media
Fuchan,Arief.2004.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Malang: Pustaka Pelajar
Http://www.Martiningsih. Blogspot.com/2007/12/macam-macam metode-metode Penelitian
Hamruni. 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Irzani. 2007. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Yogyakarta: PT.Media Grafindo Press.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: alfabeta.
Http://www.Martiningsih. Blogspot.com/2007/12/macam-macam metode-metode Penelitian
Irzani. 2007. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Yogyakarta: PT.Media Grafindo Press.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: alfabeta.
M.Kholqi dan Ali Gunawan. 2007. Statistik Penelitian (Konsep & Aplikasi). Lombok timur: STKIP Hamzanwadi Selong.
Moleong,J.Lexy.2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT.Rosdakarya
Nasution, Noehi dkk. 1997.Materi Pokok Psikologi Pendidikan.Jakarta: Universitas Terbuka
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Jaya. Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar