PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Penulis

  • Nurulfajri Nurulfajri Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Model P roject Based Learning, Creative Thinking Ability

Abstrak

abstract: The purpose of this study is conducted to determine the eff ect Model Based Learning Project (Pr oject Based Learning) on Creative Thinking Ability in Class VII MTs Nurussalam Tetebatu Learning Year 2014/2015 thus exp ected to be used as reference material when teaching in schools by teachers and as a guideline for other researchers for a similar study in more depth. This research w as Quasi-Experimental Design with the for m design pretest-posttest control group . This research was taken place at MTs Nuru ssalam Tetebatu in May 2015. The population of this research was all students of the VII MTs Nurussalam Tetebatu utilizing simple random sampling techniq ue in gaining the data. 24 students wer e taken as the experiment class and 25 stud ents were for the control class. The dat a collection used was analysis ability data that was evaluated trough instrument consisted of 8 questions. The data analysis use d was normality test, homogeneity te st, mean score, and t-test for students’ creative thinking ability. The research rasult showed that in the eksperiment class, the mean score was 71.7 and the mean score of the control class was 66.2. The hypothesis test was conducted at the experiment class using t-test. Based on t-te st, the t-count = 10,37 in significant rank 5% and the t-table 2,069 (t-count > t-tab le). It means the Ho was rejected and the Ha was accepted, so the hypothesis was accepted.

Referensi

Arikunto, Suharsimi 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana

Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Kencana

Dimyati dan Mudjiono. 2010. BelajardanPembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, Baiq. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA (Volume 16, No 2, Oktober 2011). Hal 85-89. ISSN 1412-0917. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.

Fatmawati, Baiq. 2013. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Disampaikan pada Seminar “Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Biologi Membangun Karakter Konservasi dalam Memanfaatkan Keanekaragaman Hayati Secara Berkelanjutan†yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juni 2013. FMIPA UPI Bandung.

Fortuna, M Bella. 2013.Kemapuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Materi Dampak Kepadatan Penduduk terhadap Lingkungan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Mipa; (Volume 153:73). Hal. 73-75. Repository UPI. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia

Ika, Novita. 2013. Penggunaan Tabloid Berbasis Pjbl (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kreatif Siswa Materi Pengelolaan Lingkungan Kelas VII Smp Negeri 19 Semarang. Jurnal Pendidikan FPMIPA IKIP PGRI Semarang (513:20)

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Liliasari. 2011. Membangun Masyarakat Melek Sains Berkarakter Bangsa melalui Pembelajaran. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA tahun 2011†Membangun Masyarakat Melek (Literate).Sains yang Berbudaya Berkarakter Bangsa melalui Pembelajaran Sainsâ€. Semarang 16 April 2011.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua). Jakarta: Rineka Cipta

Nurohman, Sabar. 2007. Pendekatan Project Based Learning Sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika.Jurnal Pendidikan FPMIPA UNY. [Online].

Pratiwi, F Apriani. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan FPMIPA Universitas Tanjungpura Pontianak.[Online].Tersedia di http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/articl e/viewFile/6488/6712.[18 januari 2015].

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 20009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutirman. 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:

Graha Ilmu

Teguh, Sugiyarto. 2008. IPA untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan

Uno, B Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pailkem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik). Jakarta : Bumi Aksara

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi

Aksara

Diterbitkan

2019-07-23

Terbitan

Bagian

Articles