IDENTIFIKASI TUMBUHAN ANGIOSPERMS DI SMA NEGERI 42 JAKARTA SEBAGAI KONTEN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATERI BIODIVERSITAS

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.29408/cob.v8i2.24272

Abstrak

Pengembangan komik tentang keanekaragaman tumbuhan dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi rendahnya pengetahuan biodiversitas pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi keanekaragaman tumbuhan Angiosperms di SMA Negeri 42 Jakarta. Selanjutnya, untuk mendeskripsikan komik yang sudah dibuat termasuk validasi dan persepsi siswa terhadap komik. Metode penelitian adalah eksplorasi lapangan dan pengembangan. Identifikasi dilakukan terdapat sembilan species yang dipilih untuk dijadikan konten komik pembelajaran. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa terdapat delapan species dari Clade Eudicots dan satu species dari Clade Monocots. Komik yang dikembangkan diunggah di ResearchGate yaitu https://bit.ly/komikagnesetal. Komik pembelajaran yang dibuat memiliki kelebihan karena dibuat berdasarkan hasil penelitian identifikasi biodiversitas sekitar sekolah. Komik ini menunjukkan bahwa berdasarkan teori Contextual Teaching and Learning. Komik tersebut sudah divalidasi oleh tiga validator dan dinyatakan layak setelah revisi. Selanjutnya, siswa memberikan respon positif terhadap komik pembelajaran. Hadirnya komik pembelajaran keanekaragaman tumbuhan Angiosperms diharapkan dapat menuntaskan permasalahan rendahnya pengetahuan tumbuhan.

Biografi Penulis

Fajar Adinugraha, Universitas Kristen Indonesia

S1 Unnes (Universitas Negeri Semarang) Pendidikan Biologi

S2 Unindra (Universitas Indraprasta) PGRI Pendidikan MIPA

S3 UM (Universitas Negeri Malang) Pendidikan Biologi ongoing

Referensi

Adinugraha, F. (2018). Gambaran Persepsi Peserta Didik tentang Kebermanfaatan Buku Pengayaan Ujian Nasional Biologi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 99–114.

Adinugraha, F. (2022). Video Youtube hutan kota sebagai media pembelajaran tentang pengetahuan hutan kota dan vegetasinya Di Purworejo. Pro-Life, 9(November), 533–546.

Adinugraha, F., & Ratnapuri, A. (2020). Persepsi siswa tentang modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya. SEMNAS Bio-Edu 2020, 9–21.

Afrilyasanti, R., & Basthomi, Y. (2011). Adapting Comics adn cartoons to Develop 21st Century Learners. Strength for Today and Bright Hope for Tomorrow, 11(1930–2940).

Bahadur, B., Rajam, M. V., Sahijram, L., & Krishnamurthy, K. V. (2015). Plant biology and biotechnology: Plant diversity, organization, function and improvement. Plant Biology and Biotechnology: Plant Diversity, Organization, Function and Improvement, 1(March 2016), 1–827. https://doi.org/10.1007/978-81-322-2286-6

Berns, R. G., & Erickson, P. M. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. Educational Resources Information Center (ERIC), 5, 1–9. https://eric.ed.gov/?id=ed452376

Byng, J. W., Chase, M. W., Christenhusz, M. J. M., Fay, M. F., Judd, W. S., Soltis, D. E., Mabberley, D. J., Sennikov, A. N., Soltis, P. S., Stevens, P. F., Briggs, B., Brockington, S., Chautems, A., Clark, J. C., Conran, J., Haston, E., Möller, M., Moore, M., Olmstead, R., … Weber, A. (2016). An update of the Angiosperm Phylogeny Group classification for the orders and families of flowering plants: APG IV. Botanical Journal of the Linnean Society, 181(1), 1–20. https://doi.org/10.1111/boj.12385

Christanty, A. Y., Widodo, & Kurniasih, M. D. (2021). Pengembangan media pembelajaran kartu identifikasi lumut berbasis potensi lokal. Journal of Biological Education, 1(1), 15–26.

Cole, T., Hilger, H., Stevevs, P., & Mursidawati, S. (2019). Poster filogeni Angiosperma (versi Bahasa Indonesia) (Issue June).

Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media pembelajaran abad 21: Komik digital untuk siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–8.

Goëau, H., Affouard, A., Dufour, S., Vignau, C., Bonnet, P., Bakic, V., Selmi, S., Barthélémy, D., Joly, A., Barbe, J., Yahiaoui, I., & Boujemaa, N. (2014). Pl@ntNet mobile 2014: Android port and new features. ICMR 2014 - Proceedings of the ACM International Conference on Multimedia Retrieval 2014, April, 527–528. https://doi.org/10.1145/2578726.2582618

Gordi, I., Mamangkey, J., & Silalahi, M. (2022). The diversity of vegetable and fruit fresh traded in the traditional and modern markets in the Bekasi, West Java and its potential. GSC Biological and Pharmaceutical Sciences, 20(1), 100–109. https://doi.org/10.30574/gscbps.2022.20.1.0284

Haka, N. B., & Suhanda, S. (2018). Pengembangan komik Manga Biologi berbasis Android untuk peserta didik Kelas XI ditingkat SMA/MA. Journal Of Biology Education, 1(1), 17. https://doi.org/10.21043/jobe.v1i1.3533

Karlena, Asra, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan komik Biologi pada materi Pteridophyta untuk siswa SMA. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN, 7(01), 53–61. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Kurniasih, M. D. (2018). Menumbuhkan karakter konservasi biodiversitas melalui penerapan species identification and response software. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2), 30. https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.991

Kusmana, C. (2015). Keanekaragaman hayati (biodiversitas) sebagai elemen kunci ekosistem kota hijau. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon, 1, 1747–1755. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010801

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Ponto, A. I., Adinugraha, F., & Wahyuningtyas, R. S. (2022). Faktor eksternal Yang memengaruhi hasil belajar Biologi Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta saat pandemi Covid-19. Kajian Ilmu Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 19–29.

Puspawati, D. A., & Ekayanti, N. W. (2023). Media pembelajaran komik Biologi untuk peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 14(1), 58–65.

Putri, C., Sukma, & Yuniarti. (2009). Media Grafis. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmayani, Palennari, M., & Rachmawaty. (2020). Flora Angiospermae (F. T. D. Ninggar (ed.)). Ellunar Publisher.

Saputro, A. D. (2015). Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Thoybah, L. N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Materi Virus Terintegrasi Islam Di MAN Kota Palangka Raya. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Trisniawati. (2015). Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) pada bangun ruang sisi datar di Sekolah Dasar. Trihayu, 1(3), 259045. https://www.neliti.com/publications/259045/

Utama, O. P. A., Adinugraha, F., & Ratnapuri, A. (2020). Persepsi siswa terhadap modul Chordata dengan pendekatan Saintifik di SMA Negeri 18 Kota Bekasi. Spizaetus : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(October), 21–26.

Wulansari, D., Johari, A., & Asra, R. (2022). Pengembangan media komik digital berbasis faktual pada materi Pencemaran Lingkungan untuk siswa kelas X SMA. BIODIK Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(01), 42–50.

Zarisma, U., Qurbaniah, M., & Muldayanti, N. D. (2016). Identifikasi kesulitan belajar siswa pada materi dunia tumbuhan kelas X SMA Negeri 1. Jurnal Bioeducation, 3(2). https://doi.org/10.29406/184

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Articles