PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI

Penulis

  • muhammad zadul muslim

DOI:

https://doi.org/10.29408/cob.v8i2.24628

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatan hasil belajar kognitif peserta didik Kelas XI MIPA-6 SMA Negeri 1 Mataram. Subyek penelitian berjumlah 36 orang yang teridiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal peserta didik 69% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 74. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal peserta didik 89% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 85. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

 

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Articles