PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMPN 4 AIKMEL
Kata Kunci:
Problem Based Learning (PBL) dan Aktivitas BelajarAbstrak
Pelajaran IPA, khususnya pelajaran IPA (biologi) merupakan salah satu pelajaran yang dianggap membosankan oleh beberapa bahkan sebagian besar siswa kelas VII di SMPN 4 Aikmel, yang mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar mereka. Ditambah lagi dengan pembelajaran yang digunakan oleh guru masih didominasi oleh proses pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang bersifat konvensional, seperti ceramah dan menjawab soal-soal latihan. Guru juga mengalami kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar secara aktif. Berdasarkan kondisi ini, guru dituntut untuk berusaha meningkatkan kualitas belajar pembelajaran IPA (biologi) yang masih tergolong rendah itu. Berdasarkan kondisi di atas, guru dituntut untuk berusaha meningkatkan kualitas belajar pembelajaran IPA (biologi) yang masih tergolong rendah itu. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VII SMPN 4 Aikmel tahun pembelajaran
2014/2015.
Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 4 Aikmel tahun pembelajaran 2014/2015 dibagi menjadi kelas eksperiman 30 orang dan kelas kontrol 26 orang. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti menggunakan analisis uji t. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data uji t (t-test) diperoleh harga t hitung = 148,96 lebih besar dari t tabel = 1,684 atau 148,96 > 1,684 dengan dk = (n1 + n2 - 2 ) dan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA (biologi) kelas VII SMPN 4
AikmelReferensi
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayah, Nurul (2011). Pengaruh Metode Simulasi (Role Playing) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Konsep Interaksi Sebagai Proses Sosial Kelas VII MTs. Maraqitta’limat Lengkok Lendang Kecamatan Wanasaba Tahun Pelajaran 2011/2012. SKRIPSI.
Sholihah, Ika. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. SKRIPSI.