PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAKRA TIMUR

Penulis

  • hasanah hasanah Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong

Kata Kunci:

model pembelajaran CIRC, keaktifan siswa, hasil belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur tahun ajaran 2013/2014  serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) terhadap keaktifan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari 190 siswa diperoleh 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa digunakan instrument terdiri dari 20 soal. Sedangkan untuk mengukur keaktifan siswa digunakan lembar observasi. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas data, sedangakan teknik uji hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian, skor keaktifan pada kelas eksperimen berkategori tinggi dan skor pada kelas kontrol berkategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 84,56 dan kelompok kontrol 60,16. Sedangkan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,18>1,980. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan di terima yaitu penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra

Referensi

Arikunto,Suharsimi.2003.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan(Edisi Revisi).Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Setyosari, Punaji .2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & B.Bandung:Alfabeta

Sugiyono.2010.Statistik untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta

Diterbitkan

2018-02-19

Terbitan

Bagian

Articles