PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAKRA TIMUR
Kata Kunci:
model pembelajaran CIRC, keaktifan siswa, hasil belajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur tahun ajaran 2013/2014 serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) terhadap keaktifan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sakra Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari 190 siswa diperoleh 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa digunakan instrument terdiri dari 20 soal. Sedangkan untuk mengukur keaktifan siswa digunakan lembar observasi. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas data, sedangakan teknik uji hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian, skor keaktifan pada kelas eksperimen berkategori tinggi dan skor pada kelas kontrol berkategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 84,56 dan kelompok kontrol 60,16. Sedangkan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,18>1,980. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan di terima yaitu penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Competition (CIRC) berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 SakraReferensi
Arikunto,Suharsimi.2003.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan(Edisi Revisi).Jakarta: PT Bumi Aksara
Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta
Setyosari, Punaji .2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & B.Bandung:Alfabeta
Sugiyono.2010.Statistik untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
2018-02-19
Terbitan
Bagian
Articles