Desain Didaktis Pengenalan Konsep Pembagian untuk Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Neshi Neshi Universitas PGRI PALEMBANG
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI PALEMBANG
  • Aldora Pratama Universitas PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.10197

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini untuk membuat desain didaktis konsep pembagian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO). Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Design Reseacrh) yang meliputi tiga tahap yaitu: 1) analisis prosfektif, 2) analisis metapedadidaktik dan 3) analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO) disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) meliputi: 1) tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, 2) aktivitas pembelajaran yang mendukung tujuan dan 3) dugaan-dugaan matematis sebagai hasil aktivitas yang dilandaskan pada level berpikir dan konsep materi dengan bantuan media dan konteks yang sesuai dengan karakter siswa, kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi konsep pembagian. Hasil penelitian menunjukan bahwa rancangan desain didaktis yang sudah diujicobakan pada pembelajaran siswa kelas II materi pengenalan konsep pembagian dapat menjadi sebuah solusi yang tepat untuk guru berdasarkan hambatan belajar yang dialami siswa.

References

Ardiyani, J. C., Saputro, B. A., & Subekti, E. E. (2021). Desain Didaktis Perkalian dan Pembagian Berbantuan Geogebra Untuk Memfasilitasi Literasi Numberasi Siswa SD. Indonesian GeoGebra Journal, 1(1), 27-39.

Astini, N. W., & Purwati, N. K. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, IX(1), 1-8.

Aunnurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : ALFABETA, cv.

Avana, N., Sundahry, Subhanadri, Putra, R. E., Guswita, R., & Novalia, R. J. (2022). Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Ayuniar, D., Afandi, L. H., & Setiawan, H. (2021). Upaya Guru dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Gugus IV Kecamatan Pujut. Jurnal Progres Pendidikan, 1(1), 26-30

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Jurnal Mosharafa, 6(1) 13-24.

Handayani, F. F., Munawaroh, F., Kurniawan, N. A., & Devianti, R. (2022). Metode Bermain: Upaya Menstimulasi Perkembangan Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(02), 73-84.

Haqq, A. A., Nasihah, D., & Muchyidin, A. (2018). Desain Didaktis materi lingkaran pada madrasah tsanawiyah. Jurnal Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 71-82.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Group.

Hardian, R. (2019). Pengembangan Mobile Edugame Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Aritmatika Dasar Siswa SD Kelas 4 dan 5. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 98-108.

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri di Lihat Dari Learning Obstacle. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Lestari, J., Pranata, O. H., & Lidinillah , D. A. (2018). Desain Didaktis Jaring-Jaring Kubus dan Balok untuk Kolaborasi Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 263-273.

Lobo, T. (2019). Pembuatan Game Aritmatika Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika, 63-67.

Prabawati. (2018). analisis kemampuan literasi matematika mahasiswa calon guru matematika. Jurnal "Mosharafa", 7(1), 113-120.

Prahmana, R. C. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar. Depok: Pt.Rajagrafindo Persada.

Prastiwi, A. T., & Nasikah, M. (2022). Pemikiran A. Chaedar Alwasilah Tentang Pendekatan Literasi (Genre-Based Approach) dan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Teori Behaviorisme. Jurnal Tawadhu, 6(1), 47-56.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1-8.

Rangkuti, A. N., & Siregar, A. I. (2019). Lintasan Belajar Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 151.

Senjayawati, E., & Kadarisma, G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Desain Didaktis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematika Siswa SMA. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 20-33.

Septyawan, S. R., Suryadi, D., & Nurjanah. (2019). Learning Obstacles Pada Konsep Fungsi: Sebuah Studi Fenomenologi Herumeneutik. Bandung: Gapura Press.

Sugiyono. (2016). Mteode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, I., & Lusa, H. (2020). Desain Didaktis Sebagai Pengenalan Konsep Pembagian Pada Pembelajaran Matematika SD. Journal of Elementary Education, 4(2), 80-87

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1.

Suryadi, D. (2016). Monograf Didactical Design Research. Bandung: Rizqi Press.

Suryadi, D. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: Gapura Press.

Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: Gapura Press.

Suryadi, D., Septyawan, S. R., Maulida, L., & Hayati, W. K. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: Gapura Press.

Susanti, E. P., Yantoro, & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53-63.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-29

How to Cite

Neshi, N., Fuadiah, N. F., & Pratama, A. (2023). Desain Didaktis Pengenalan Konsep Pembagian untuk Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 49–65. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.10197