Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL)

Authors

  • Mustika Wati Lambung Mangkurat University
  • Nadya Mahrita Ulfah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat
  • Ita Rahmiyani Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin
  • Fauzia Dwi Sasmita Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.11315

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan selama empat kali pertemuan atau dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas V semester ganjil SDN Rantau Kiwa 2 tahun pelajaran 2022/2023, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sementara data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus 1 mencapai kriteria baik dan pada siklus 2 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mencapai kriteria cukup aktif dengan persentase 61% dan siklus 2 mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase 94%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada siklus 1 mencapai 78% kemudian pada siklus 2 mencapai 94%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Organ Gerak pada Manusia di kelas V SDN Rantau kiwa 2.

References

Arikunto, Suharsimi. dkk. (2016). Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta : Diva Press.

Daryanto, dkk. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kurniasih dan Berlin. 2014. Kurikulum 2013. Jakarta : Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

Mulyasa, Enco. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas: Menciptakan Perbaikan Berkesinambungan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sardiman. A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suriansyah, dkk. 2009. Bahan Ajar Cetak Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Suriansyah, Ahmad. 2013. Panduan Penulisan Karya Ilmiah Program PG-PAUD dan PGSD Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: Tidak Diterbitkan.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Wati, M., Ulfah, N. M., Rahmiyani, I., & Sasmita, F. D. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 13–23. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.11315