Pengaruh Metode Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Andri Prana Mesa Universitas Hamzanwadi
  • Husniati Husniati UNIVERSITAS MATARAM

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 05 Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus 05 Kecamatan Mataram sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Bajur Mataram sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 47 Mataram sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar (post-test) diuji normalitasnya dengan rumus chi-kuadrat kemudian diuji homogenitasnya menggunakan perbandingan varian terbesar dan varian terkecil, pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,642 dan ttabel sebesar 2,010 dengan taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung  lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 05 Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar IPA

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Mesa, A. P., & Husniati, H. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 76–84. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16515