Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Gaya Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV

Aris Widayani Oktaviana Saputri

Abstract


Hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri Srengat 01, tentang materi macam-macam gaya dalam pembelajaran IPA, kurang mencapai KKM 75, disebabkan penggunaan metode pembelajaran kurang bervariatif. Salah satu metode yang digunakan adalah metode mind mapping, metode ini digunakan karena dalam proses pembelajaran metode ini membuat catatan kecil bergambar sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini menerapkan metode mind mapping untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV. Dalam menguji efektivitas metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Peneliti menempuh prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Setiap siklusnya menempuh empat tahapan berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Melalui berbagai teknik dan instrumen pengumpulan data diperoleh hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui prosentase ketuntasan belajar kelas IV, pada kegiatan pembelajaran pra siklus yaitu 31,00%. Pada siklus 1 meningkat menjadi 58,62%. Siklus 2 meningkat menjadi 89,65%. Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar tentang materi macam-macam gaya dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV UPT SD Negeri Srengat 01.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa'dun. (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Filosofi, Metodologi, dan. Implementasinya. Malang: Surya Pena Gemilang.

Buzan, Tony dan Barry Buzan. (2004). Memahami Peta Pikiran. Batam: BBC.

Naim, Farida. (2014). Peningkatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Mind mapping di Kelas V SDN Sanankulon 01 Kabupaten Blitar. Blitar: Universitas Terbuka

Nurulwati. (2000). Model-model Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri. Surabaya.

Sri Sulistyorini. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Tim-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Tim-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Wardani, Septiana Kusuma. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Wonorejo 1 Semester Dua dalam Pembelajaran IPS tentang Materi Mata Uang melalui Kolaborasi Metode Quantum Teaching dan Snowball Throwing. Kediri: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.