Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16814Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 2 Lendang Kunyit Desa Pengadang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun pendekatan yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas V di SDN 2 Lendang Kunyit sebanyak 22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket (kuesioner) dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software IBM SPSS versi 22 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 2 Lendang Kunyit Desa Pengadang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini tunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software IBM SPSS versi 22 for Windows pada taraf signifikansi α=0,05, dimana nilai F hitung = 3.769 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,066 > 0,05, yang menunjukkan bahwa data tidak berkorelasi sehingga Ha ditolak dan Ho diterima.
Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar
References
Anjani, A. S., Dahlan, S., & Myasari, S. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Tingkat Penghasilan Orang Tua terhadap Aspirasi Melanjutkan Studi. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 1–15. Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/download/18274/13102
Annisa, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs N 4 Lombok Timur. Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(2), 110– 122. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v6i2.4672
Hasibuan, A. S., Nelwati, S., & Mardison, S. (2020). Hubungan Kesiapan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 6(1), 37–43. Diambil dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/1751
Haswinda, H., Sulfasyah, S., & Akib, T. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 496. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1416
Pratiwi, N. W. D., Sri Asri, I. G. A. A., & Kristiantari, M. G. R. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15958
Rahmadana, J., & Ichsan, I. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. WANIAMBEY : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 69–78. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i2.182
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 278–288. Diambil dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/800
Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114. Diambil dari https://methonomi.net/index.php/jm/article/view/127
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114