Efektivitas Pembelajaran AVIKES Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV B

Authors

  • Kuduatun Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16821

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran AVIKES (auditory, visual, kinestetik) dalam meningkatkan minat belajar  IPA peserta didik kelas IV B SDN 1 Teros tahun pelajaran 2022/2023. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Teros tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen utama peneliti adalah dengan mengunakan alat bantu berupa angket, wawancara, dan analisis perencanaan pembelajaran. Adapun hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada 21 orang peserta didik berdasarkan perhitungan angket yang telah diberikan peneliti kepada peserta didik sebelum diberikan tindakan maka didapatkan rata-rata minat belajar peserta didik sebanyak 47% dari 21 siswa, hasil tersebut dikategorikan minat belajar peserta didik masih kurang. Setelah dilakukan pembelajaran AVIKES, minat belajar peserta didik meningkat sebesar 29%. Berdasarkan interpretasi hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran AVIKES yang mencapai 76%. Dengan demikian tindakan untuk meningkatkan hasil minat belajar peserta didik sudah berhasil dan tidak perlu dilakukan pelaksanaan tindakan selanjutnya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan pada nilai lembar angket dan presentase pemantauan tindakan pembelajaran pada proses pembelajaran AVIKES.

Kata Kunci:Pembelajaran AVIKES, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggito, A., dan Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.Sukabumi: CV Jejak.

Firdaus, Bambang. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs ULUL ALBAB. Journal On Education, Volume 02, No. 01, Desember 2019, hal. 191-198.

Hisbullah dan Selvi Nurhayati. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Aksara Timur.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVAPres

Mentari, Renawati. (2017). Studi Deskriptif Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sederhana Kelas 5 Mi Miftahul Ulum Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang

Nisa, Afiatin. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. II No. 1 Maret 2015.

Nurhasanah, Siti. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 128-135.

Rahyubi, Heri. (2016). Teori-teori Belajar dan Aplikasi pembelajaran Motorik. Majalengka : Nusa Media.

Reski, Niko. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1 No.11 April 2021.

Simbolon, Naeklan. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1 (2).

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

https://www.e-jurnal.com/2013/09/pengertian-gaya-belajar.html diaskes 21 Desember 2022

https://books.google.co.id/books?id=WitIDwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=vTDIHN5XoD&dq=gaya%20belajar&lr&hl=id&pg=PR8%23v%3Donepage&q=gaya%20belajar&f=false diaskes 21 Desember 2022

https://repository.uir.ac.id/4695/5/bab2.pdf diaskes 21 Desember 2022

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Hasanah, K. (2023). Efektivitas Pembelajaran AVIKES Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV B. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 199–208. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16821