Penguasaan Konsep Kapal Selam melalui Kit IPA Kafah di Sekolah Dasar

Authors

  • Syahrial Ayub universitas mataram
  • Ahmad Busyairi Universitas Mataram
  • Hikmawati Hikmawati Universitas Hamzanwadi
  • Endang P Handayani Dinas Pendidikan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16826

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan konsep kapal selam secara kafah dengan mengunakan Kit IPA Kafah. Sampel penelitian adalah  guru IPA SD Negeri 23 Cakranegara. Data didapatkan dari hasil pre-test dan post-test penguasaan konsep secara kafah dan angket respon guru-guru terhadap penggunaan Kit IPA Kafah. Secara Kafah guru diberi kompetensi yang utuh karena satu konsep yang ditemukan dikaitkan agama, aplikasi dan kebermaknaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan terhadap penguasaan konsep kapal selam secara kafah dan respon guru dalam menggunakan Kit IPA Kafah sangat baik, sehingga pemanfaatan Kit IPA Kafah sangat dianjurkan dalam pembelajaran.

References

Hamidah, Gunawan, & Muhammad Taufik. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(1), 27-34.

Ibrahim, Muslimin. (2000). Problem Based Learning. Surabaya: University Press.

Klinger, Walter. (2000). Survei Metoda Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : SEQIP

Mohammad Amin, dkk. (2013). Bahan Pelatihan Pengelola Laboratorium Sekolah Menengah Pertama. Modul. Jakarta: Kemendikbud.

Novianti Muspiroh. (2014). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Emperical Research in Islamic Education. 2(1), 168-188, http://dx.doi.org/10.21043/quality.v2i1.2099

Rifai, Muhammad. (2011). Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta: ArRuz Media

Rohman, Saifur. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syahrial A. (2001). Studi Penggunaan Kit IPA SD di Kodya Mataram. Mataram : Lembaga Penelitian Universitas Mataram.

Semiawan, dkk. (2010). Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.

Suparno Satira. (2022). Muslim Kafah-1 dalam Persepsi Saintis. Bandung: ITB Press.

Syahrial, A. (2022). Model Pembelajaran IPA Secara Kafah. Jurnal Orbita Universitas Muhammadyah Mataram, 8(1), 154-159, https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8573

Sugiyono. (2017). Qualitative Quantitative Research Methods and R & D. Bandung: Alfabeta.

Uum Murfiah. (2017). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar: Jurnal Pesona Dasar. 1(5) , 57-69, https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7972

Yanti Fitria. (2018). Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) melalui Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, 2(2), 52-63, https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102705

Wiyatmo, Y. (2018). Pelatihan Penggunaan Kit IPA Kafah Magnet SEQIP Bagi Guru-Guru IPA SD di Kabupaten Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2(1), 48-55. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/view/18723

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Ayub, S., Busyairi, A., Hikmawati, H., & Handayani, E. P. (2023). Penguasaan Konsep Kapal Selam melalui Kit IPA Kafah di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 209–217. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.16826