Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perubahan Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik TP. 2017/2018

Authors

  • Sahuri Sahuri

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1775

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran berbasis masalah dalam mengoptimalkan pemahaman siswa tentang perubahan benda pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SDN 3 Kesik. Penelitian ini dilaukan pada semester I TP 2017/2018. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Prosedur penelitian terdiri dari  4 tahap, yakni  perencanaan, pelaksanaan atau  tindakan, pengamatan atau observasi,dan evaluasi. Keempat tahap tersebut akan berlangsung pada tahap pertama atau  siklus 1 dan akan berulang kembali pada tahap atau siklus ke 2. Hasil penelitian ini membutikan bahwa Metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif, digunakan dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda. Keefektifan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terlihat dari beberapa hal, yaitu dalam hal waktu, metode, dan evaluasi. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran siswa kelas VI SDN 3 Kesik pada siklus ke II lebih efektif dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda dibandingkan pembelajaran pada siklus I tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

References

Arends: 2008. Strategi Pembelajaran, Insan Mandiri:Yokyakarta.

Depdiknas 2006.Tujuan Pendidikan Nasional

Kardi dan Nur 2000. Model-Model Pembelajaran. Bandung,Rajawali Pers.

Lince 2001. Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Dan Belajar Mengajar. Bandung : Alfabeta

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Merinda 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta

Nurhadi 2010. Strategi Dan Model Pembelajaran.Aswaja Presindo : Yogyakarta.

Rusman 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistis. Prestasi Pustak : Jakarta

Sadiman 1987.Critical Thinking.Pustaka Sinar Harapan:Jakarta.

Taufiq Amir 2009. Methode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung

Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Prestasi Pustak : Jakarta.

Tuanakota, Theodorus M.2011. Berpikir Kritis dalam Auditing. Salemba Empat: Jakarta

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Sahuri, S. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perubahan Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik TP. 2017/2018. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1775