Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perubahan Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik TP. 2017/2018

Sahuri Sahuri

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran berbasis masalah dalam mengoptimalkan pemahaman siswa tentang perubahan benda pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SDN 3 Kesik. Penelitian ini dilaukan pada semester I TP 2017/2018. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Prosedur penelitian terdiri dari  4 tahap, yakni  perencanaan, pelaksanaan atau  tindakan, pengamatan atau observasi,dan evaluasi. Keempat tahap tersebut akan berlangsung pada tahap pertama atau  siklus 1 dan akan berulang kembali pada tahap atau siklus ke 2. Hasil penelitian ini membutikan bahwa Metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif, digunakan dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda. Keefektifan metode pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terlihat dari beberapa hal, yaitu dalam hal waktu, metode, dan evaluasi. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran siswa kelas VI SDN 3 Kesik pada siklus ke II lebih efektif dalam pembelajaran IPA topik perubahan benda dibandingkan pembelajaran pada siklus I tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

Full Text:

PDF

References


Arends: 2008. Strategi Pembelajaran, Insan Mandiri:Yokyakarta.

Depdiknas 2006.Tujuan Pendidikan Nasional

Kardi dan Nur 2000. Model-Model Pembelajaran. Bandung,Rajawali Pers.

Lince 2001. Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Dan Belajar Mengajar. Bandung : Alfabeta

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Merinda 2012. Konsep Dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta

Nurhadi 2010. Strategi Dan Model Pembelajaran.Aswaja Presindo : Yogyakarta.

Rusman 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistis. Prestasi Pustak : Jakarta

Sadiman 1987.Critical Thinking.Pustaka Sinar Harapan:Jakarta.

Taufiq Amir 2009. Methode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung

Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Prestasi Pustak : Jakarta.

Tuanakota, Theodorus M.2011. Berpikir Kritis dalam Auditing. Salemba Empat: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA