Model Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Pesera Didik Kelas V Sdn 2 Pancor
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1777Abstract
Salah satu dari keempat kemampuan berbahasa peseeta didik di sekolah dasar adalah kemampuan menulis disamping kemampuan membaca, berbicara dan mendengarkan. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis dalam hal ini dikhususkan pada kemampuan menulis laporan adalah strategi pembelajaran yang belum mengena pada peserta didik. Langkah yang ditempuh penulis dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan penggunaan metode pembelajaran kontekstual. Penelitian ini mengangkat dua pokok permasalahan yakni: (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam materi menulis laporan pengamatan pada peserta didik kelas 6 SDN 2 Pancor dan (2) Apakah ada peningkatan kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam materi menulis laporan pengamatan pada siswa kelas 6 SDN 2 Pancor. Guna menjawab pertanyaan ini, maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang telah ditempuh, didesain berdasarkan model dan metode pembelajaran sesuai dengan yang telah dipersiapkan. Selama dua siklus, menempuh empat tahapan berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi/pengamatan, dan (4) refleksi. Setelah melakukan serangkaian kegiatan yang telah direncanakan, terbukti kemampuan menulis laporan pengamatan pada peserta didik kelas V SDN 2 Pancor, meningkat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan Pada pra siklus sampai siklus pertama kenaikan dari 56,27 menjadi 73,6 kemudian pada siklus kedua rata-rata nilai kelas menjadi 85,4. Pada siklus pertama siswa dominan melakukan kesalahan penulisan ejaan, huruf kapital, dan kata depan. Siklus kedua, hanya ditemukan satu kelompok menggunakan kata tidak baku. Kualiatas setelah diadakan penelitian ini terlihat dalam penulisan tanda baca, huruf kapital, preposisi dan sistematika laporan pengamatan. siklus kedua siswa sudah dapat merinci lokasi pengamatan di ruang-ruang sekitar sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam upaya peningkatan kemampuan menulis Laporan siswa kelas VI SDN 2 Pancor Kecamatan Selong 2018/2019
References
Arikunto, S, dkk, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mardianto, 2012, Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
Purwanto, Ngalim, 2010, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis, 2013, Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran, Jakarta: GP Press Group
Sawali, dkk, 2008. Indahnya Bahasa Dan Sastra Indonesia, Jakarta: PT Mentari pustaka.
TPK SDN 2 Pancor, 2018/2019. “Kurikulum SDN 2 Pancor.