Pengembangan Media Papan Selip (Slot Board) Terhadap Penguasaan Kosakata Pada Siswa Kelas II SDN Ampelgading Blitar

Indar Neliana Putri, Innan Mukhlishina

Abstract


 

Kosakata merupakan aspek penting bagi siswa dalam menyampaikan pesan dan pendapat. Namun bebrapa studi menunjukan bahwa penguasaan kosakata siswa sekolah dasar masih rendah. Salah satu Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan Selip (Slot Board) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 2 SDN Ampelgading II Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan SDN Ampelgadingm Blitar dengan subjek penelitian siswa kelas 2 yang berjumlah 13, yang terdiri dari siswa perempuan 6 orang dan siswa laki-laki 7 orang. Data penelitian yang diperoleh bahwa media pembelajaran Papan Selip (Slot Board) yang dikembangkan layak di uji cobakan. Respon peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi kosakata melalui metode wawancara dan observasi dengan media pembelajaran menunjukkan respon yang baik dari peserta didik kelas 2 SDN Ampelgading  Blitar.


Full Text:

PDF

References


Dick, W., Carey, L. & Carey, J.O. (1996). The Systematic Design of Instruction. Florida.

Filisyamala, J. (2018). Pengaruh Media Televisi untuk Mengembangkan Kosakata Anak. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 3, no. 2, 253-259.

Ikhsan, A. M., Hasriyanti, H., & Syarif, E. (2020). Pendidikan Formal Anak Dalam Perspektif Nelayan Suku Bajo di Kampung Bajo. LaGeografia Vol. 18(3), 269–288.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika Vol. 7(1), 91–96.

Manaf, Abdul, N. (2008). Semantik: Teori dan Terapannya dalam Bahasa. Indonesia. Padang: Sukabina Offset.

Marhalim, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 006 Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi. GERAM, 5(2), 28-35.

Mustofa Abi Hamid, Rahmi Ramadhani, Masrul Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif Jamaludin, J. S. (2020). Media Pembelajaran (1st, Juli 20 ed.). Yayasan Kita Menulis.

Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2017). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, 3614-3624.

Setyosari, Punaji, Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Press.

Setiawan, Hasrian & Rakhmadi, Arwin & Raisal, Abu. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika. 4. 112-119. 10.33369/jkf.4.2.112-119.

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Tubu, Bunga and Malik, Abdul and Syarif, Erman (2021) Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Formal Kaitannya dengan Jumlah Anak-anak Putus Sekolah. La Geografia, 19 (3). pp. 316-333. ISSN 2655-128.

Wiyanti, E. (2015). Peran Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Deiksis, 6(02), 89-100.

Zamzani, Z. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia dalam pendidikan berbasis keragaman budaya. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 225-244.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.18736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.