This is an outdated version published on 2024-06-30. Read the most recent version.

Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VI Pada Materi Sistem Tata Surya Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Canva

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Canva

Authors

  • Aan Evina Pratiwi Universitas Widya Dharma Klaten, Indonesia
  • Putri Zudhah Ferryka Universitas Widya Dharma Klaten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.22999

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran canva pada mata pelajaran IPA materi sistem tata surya kelas VI SD Negeri 2 Krajan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VI SD Negeri 2 Krajan yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar oservasi, pengukuran hasil tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukannya tindakan, pada siklus I sebanyak 17 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 60%. Sedangkan, pada siklus II diperoleh 25 siswa yang tuntas belajar dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 30% dari siklus I ke siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran canva dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem tata surya kelas VI SD Negeri 2 Krajan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), halaman 234-245 .https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234.

Atmajaya, Y.T (2017). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Jurnal Aktual Medika, 3(1), halaman 70. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/436/415.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI, 3(2) halaman 312-325. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373.

Meliana Dwi A, dkk. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar, Vol.3. halaman 407-419. http://prosiding.unipma.ac.id/indes.php/KID.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. halaman 1085-1092. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26259/0.

Parnawi, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). https://www.researchgate.net/publication/349492185.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), halaman 79-96. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96.

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 8(4), 107. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110251.

Rizki Raaihani. 2021. "Penggunaan Media Pembelajaran Infografis (Canva) Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Skripsi .Bandung: Uviversitas Pasundan http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54878.

Sari, E., Sumarno, S., & Putri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, halaman 150. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), halaman 79-85. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261.

Yusu f, Bistari Basuni. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol.1 , 2(Oktober 2017-Maret 2018), halama 13-20.

Zainal Arifin. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Published

2024-06-30

Versions

How to Cite

Pratiwi, A. E., & Ferryka, P. Z. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VI Pada Materi Sistem Tata Surya Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Canva: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Canva. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 449–462. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.22999