Proses Penanaman Karakter Kepada Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning

Model, Project Based Learning, Pendidikan Karakter

Authors

  • Ana Nurhasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Mutia Azizah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Nesya Amanda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Siti Nurhikmah Aprianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.24082

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang didasari oleh masuknya budaya luar seperti “westernisasi” dan budaya kekorea-koreaan yang marak digemari oleh generasi muda sehingga pengaruh negatifnya mencemari karakter anak bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif serta berfokus pada pengamatan yang mendalam. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan/observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman karakter pada peserta didik melalui model PjBL dalam kegiatan pembelajaran di SDN Ciwaktu Kota Serang. Penanaman karekter dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model cooperative learning untuk menanamkan karakter peserta didik di dalam pembelajaran, serta untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan dan mengembangkan pendidikan karakter dalam ruang lingkup pembelajaran di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN Ciwaktu. Hasil penelitian setelah melakukan wawancara dan observasi menunjukan bahwa dalam pembentukan karakter pada peserta didik dilakukan pada awal pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran proyek. Dengan pendidik menggunakan pembelajaran proyek ini dapat menjadikan peserta didik menjadi pribadi yang mampu berkolaborasi baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat, juga dapat meningkatkan keterampilan 4C. Penerapan model PjBL ini dapat meningkatkan minat belajar, literasi, dan penanaman karakter peserta didik dalam pembelajaran sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang unggul.

References

Audie, N. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1), 586-595.

Fauzia, H. (2017). The Implementation of Project-Based Learning to Improve the Learning Interest and Student Achievement. Journal of Accounting andBusiness Education 1(2), 161-178.

Gunawan, B., & Hardini, A. A. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 32-46.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1).

Helmiati. (2012). MODEL PEMBELAJARAN. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.

Laksono, A. D. (2018). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Sumberejo 2 Bonang. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(2), 69-75.

Mahfuzah, A., & Ramdiah, S. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Pada Konsep Sistem Koordinasi Manusia Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7(1), 1-6.

Moleong, Lexy. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustoip, S., & dkk. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya 2018.

Pemerintah Indonesia. (2002). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2002 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (Project Based Learning) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 178-182.

Ramadhani, E. W., Devi, S., Dewi, N. D. L., Alrifta, I., Syamlan, N. C., & Nur’Aini, K. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik. SNHRP, 213-219.

Ramdan, A. Y., & Fauziah. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 9(2), 100-111.

Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu Vol 5(5), 4334 - 4339.

Salsabilah, A. A., & dkk. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3), 7156-7163.

Santika, E. W. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal 3(1), 8-19.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika 2(1), 10-18.

Soreang, Y. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN ABAD 21. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 1(1), 101-115.

Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64.

Undang Undang RI No. 20 Tahun (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(6), 541-552.

Windiatmoko, D. U. (2022). KONSTRUKSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN DIMENSI KARAKTER LUHUR DALAM ARUS UTAMA KURIKULUM MERDEKA. Seminar Nasional Pendidikan (1), 16-28.

Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped Classroom: Model Pembelajaran untuk Mencapai Kecakapan Abad 21 Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan 7(2), 372-384.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nurhasanah, A., Azizah, M., Amanda, N., & Aprianti, S. N. (2024). Proses Penanaman Karakter Kepada Peserta Didik Melalui Kegiatan Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning: Model, Project Based Learning, Pendidikan Karakter. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 424–437. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.24082