Pembentukan Karakter Disiplin dan Islami Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar di Phatnawitya School Thailand

Al-Qur’an, Pembiasaan, Karakter, Disiplin, Islami.

Authors

  • Alifa Feby Nur Aini Program Studi PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Afida Safriani Program Studi PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Juhaeni Juhaeni Program Studi PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.24417

Abstract

Pembiasaan membaca Al-Qur’an juz tiga puluh sebelum pembelajaran di Phatnawitya School Thailand berjalan dengan baik. Hal ini bertujuan membentuk karakter Islami pada diri peserta didik sebagaimana mestinya umat muslim. Karakter disiplin waktu juga terbentuk dari kegiatan ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Data yang didapatkan melalui observasi dan wawancara. Informasi atau data yang sudah diperoleh dianalisis dan menghasilkan kesimpulan dari beberapa responden dalam satu kelas, baik dari guru dan juga peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya kegiatan membaca Al-Qur’an juz tiga puluh sebelum pembelajaran dapat membentuk karakter disiplin dan karakter Islami peserta didik. Guru di Phatnawitya School Thailand juga menerapkan kegiatan ini di semua kelas baik kelas satu sampai dengan kelas enam. Peserta didik juga sbersemangat mengikuti rangkaian kegiatan membaca Al-Qur’an karena surah yang dibaca pun masih dalam juz tiga puluh yang mana peserta didik masih sering membaca dan mendengar surah-surah tersebut. Dengan adanya kebijakan sekolah yang membiasakan peserta didik membaca Al-Qur’an sebelum belajar, memberi pengaruh yang baik pula kepada para peserta didik di sekolah.

Author Biography

Alifa Feby Nur Aini, Program Studi PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Assalamu'alaikum Warahmatullah wa Barakaatuh.

Alhamdulillah, the research team can complete this research article well. We are students who have an interest in the world of research, this research is a collaboration between lecturers and students. We feel happy to be able to help many people through our research. So I hope that the journal is willing to review and accept the article that we have made, this article has been adjusted to the rules stated in the author's guidelines. Thank you very much, i hope all goes well.

References

Apriyanti, E., & Basri, H. (2020). Pembiasaan Membaca Al-Qur’an di Pondok Al-Islah Sendagung Paciran Lamongan. TAMADDUN, 21(1), 053. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1377

Basuki, D. D., & Febriansyah, H. (2020). Pembentukan Karakter Islami melalui Pengembangan Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Najah Bekasi. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(2), 121–132. https://doi.org/10.33367/ji.v10i2.1209

Darsiah, D. (2020). Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin. JALHu: Jurnal Al-Mujaddid Humaniora, Vol. 6, Hal. 27.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Vol.2, Hal. 90.

Faqihuddin, A. (2021). Membangun Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, Vol. 12, Hall. 372. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504

Halim, A. (2018). Takwa Dalam Islam. Volume VI, Hal. 105.

Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science.

Lexy .J., M. (2002). Dalam Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Lubis, D. M. R., Siahaan, A., & Salminawati, S. (2023). Penerapan Religious Culture Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dan Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 903–916. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.649

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Saputra, H. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalinda Lampung Selatan. JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671

Satrisno, H. (2017). Pentingnya Motivasi Diri (Self Motivation) dalam Membaca Al-Qur’an. 16(1).

Shafwan, S. (2022). Cara Pembiasaan Membaca Al-Quran Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Di Mas Plus Al-Ulum. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 2, hal : 500-510.

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY, 6(1), 16. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Suciyati, S., & Mukhlishina, I. (2022). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungdari 1 Kota Malang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 110–118. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2799

Suryani, L., Anwar, K., & Majir, A. (2022). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1220–1226. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.549

Syamsurijal, I. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Kota Baubau. Vol. 5.

Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan Karakter Islami dalam Hadis dan Implikasinya pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nur Aini, A. F., Safriani, A., & Juhaeni, J. (2024). Pembentukan Karakter Disiplin dan Islami Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar di Phatnawitya School Thailand: Al-Qur’an, Pembiasaan, Karakter, Disiplin, Islami. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 463–474. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.24417