Pembentukan Karakter Disiplin dan Islami Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar di Phatnawitya School Thailand
Al-Qur’an, Pembiasaan, Karakter, Disiplin, Islami.
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.24417Abstract
Pembiasaan membaca Al-Qur’an juz tiga puluh sebelum pembelajaran di Phatnawitya School Thailand berjalan dengan baik. Hal ini bertujuan membentuk karakter Islami pada diri peserta didik sebagaimana mestinya umat muslim. Karakter disiplin waktu juga terbentuk dari kegiatan ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Data yang didapatkan melalui observasi dan wawancara. Informasi atau data yang sudah diperoleh dianalisis dan menghasilkan kesimpulan dari beberapa responden dalam satu kelas, baik dari guru dan juga peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya kegiatan membaca Al-Qur’an juz tiga puluh sebelum pembelajaran dapat membentuk karakter disiplin dan karakter Islami peserta didik. Guru di Phatnawitya School Thailand juga menerapkan kegiatan ini di semua kelas baik kelas satu sampai dengan kelas enam. Peserta didik juga sbersemangat mengikuti rangkaian kegiatan membaca Al-Qur’an karena surah yang dibaca pun masih dalam juz tiga puluh yang mana peserta didik masih sering membaca dan mendengar surah-surah tersebut. Dengan adanya kebijakan sekolah yang membiasakan peserta didik membaca Al-Qur’an sebelum belajar, memberi pengaruh yang baik pula kepada para peserta didik di sekolah.
References
Apriyanti, E., & Basri, H. (2020). Pembiasaan Membaca Al-Qur’an di Pondok Al-Islah Sendagung Paciran Lamongan. TAMADDUN, 21(1), 053. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1377
Basuki, D. D., & Febriansyah, H. (2020). Pembentukan Karakter Islami melalui Pengembangan Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah An-Najah Bekasi. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(2), 121–132. https://doi.org/10.33367/ji.v10i2.1209
Darsiah, D. (2020). Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Merangin. JALHu: Jurnal Al-Mujaddid Humaniora, Vol. 6, Hal. 27.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Vol.2, Hal. 90.
Faqihuddin, A. (2021). Membangun Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, Vol. 12, Hall. 372. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504
Halim, A. (2018). Takwa Dalam Islam. Volume VI, Hal. 105.
Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science.
Lexy .J., M. (2002). Dalam Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Lubis, D. M. R., Siahaan, A., & Salminawati, S. (2023). Penerapan Religious Culture Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dan Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 903–916. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.649
Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Saputra, H. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalinda Lampung Selatan. JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671
Satrisno, H. (2017). Pentingnya Motivasi Diri (Self Motivation) dalam Membaca Al-Qur’an. 16(1).
Shafwan, S. (2022). Cara Pembiasaan Membaca Al-Quran Sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Di Mas Plus Al-Ulum. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 2, hal : 500-510.
Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY, 6(1), 16. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912
Suciyati, S., & Mukhlishina, I. (2022). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungdari 1 Kota Malang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 110–118. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2799
Suryani, L., Anwar, K., & Majir, A. (2022). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1220–1226. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.549
Syamsurijal, I. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Kota Baubau. Vol. 5.
Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan Karakter Islami dalam Hadis dan Implikasinya pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.