Perancangan Video Tutorial Pembuatan Tong Sampah Otomatis Pada Ekstrakurikuler Robotik di MIN Kota Bukit Tinggi
Video Tutorial Wondershare Filmora, Research and Development
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.25783Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video tutorial pembuatan tong sampah otomatis pada ekstrakurikuler di MIN kota Bukittinggi yang valid, praktis dan efektif. Permasalahan yang ditemukan setelah proses wawancara yang dilakukan peneliti yaitu media yang digunakan berupa video dari youtube, papan tulis dan menggunakan metode praktikum serta kerja kelompok, yang dibimbing oleh guru yang tidak sepenuhnya dapat menunjang dalam pembelajaran ektrakurikuler robotik, permasalahan lainnya yaitu kendala dan kesulitan buku yang kurang memadai. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan dari Richey dan Klein, yaitu (1) planning membuat rencana produk, (2) production yaitu merancangan produk, (3) evaluation yaitu menguji dan menilai produk, media yang dihasilkan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, uji efektivitas, dengan menyebar angket. Hasil dari penelitian berupa video tutorial yang diupload ke youtube. Hasil uji validitas diperoleh nilai 0,85 kategori valid, uji praktikalitas dengan nilai 0,95, kategori sangat tinggi, dan uji efektivitas dengan nilai 0,86 termasuk kategori efektivitas tinggi.
References
Adha, E. P., & Efriyanti, L. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Berupa Video Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII Tentang Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(2), 522–528.
Afrianti, S., & Musril, H. A. (2021). Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Informatika Upgris, 6(2), 2–7. https://doi.org/10.26877/jiu.v6i2.6471
Dewi, M. S. (2012). Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop Dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 260–270. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Elbazs, Q. A., Derta, S., Efriyanti, L., & khairuddin. (2022). Desain Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Amanah Bunda Sitapung Nagari Balai Gurah Kecamatan Ampek Angkek Agam. Indonesian Research Journal on Education, 3(1), 212–222. https://irje.org/index.php/irje/article/view/37
Fajri, F. (2020). Pengembangan Media Mobile Learning Menggunakan 3D Display System Berbasis Hologram. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fikri, M., & Musril, H. A. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Adobe Animate Di SMKN 1 Bukittinggi. Jurnal Informatika Upgris, 7(2), 59–63.
Mufarola, K., & Murbowo, A. R. (2019). Manfaat Pembelajaran Robotika Untuk Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01), 407–416.
Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 83–95. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Ulfa, M. S. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Android Menggunakan Google Sites dan Appsgeyser Di Mtsn 6 Agam. Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Anggraini, Hari Antoni Musril, Riri Okra, Sarwo Derta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.