Penggunaan Media Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Maya Meilina Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Niza Afriyah Program Studi PGMI Universitas Islam Negeri K.H, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26436

Abstract

Belajar adalah proses yang dialami oleh manusia sepanjang hidup, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Sekolah sebagai lembaga formal menyediakan pendidikan yang terstruktur. Pendidikan adalah upaya sadar yang dilakukan keluarga, masyarakat, dan pemerintah untuk mempersiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan. Tugas guru adalah memastikan siswa belajar secara optimal, terutama dalam mata pelajaran seperti IPA yang memerlukan pemahaman konsep mendalam tentang fenomena alam. Proses pembelajaran IPA harus interaktif dan kreatif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Salah satu metode yang efektif adalah penggunaan media digital dalam pembelajaran. Media digital seperti augmented reality, virtual reality, dan platform pembelajaran interaktif dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah diakses. Namun, keberhasilan penggunaan media digital dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ketersediaan teknologi, kompetensi guru, dan dukungan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media digital dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, peran guru, serta kelebihan dan kekurangan media digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini digunakan untuk mengumpulkan data dari guru dan sumber lainnya, dengan hasil diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar serta memberikan rekomendasi media digital yang efektif.

References

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Arief, M. M. (2021). Media Pembelajaran Ipa Di Sd/Mi (Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, Dan Jenis Media Pembelajaran). Jurnal Tarbiyah Darussalam, 5(8), 13–28.

Dafira, I. S., & Widodo, W. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan. Pensa E-Jurnal, 9(2), 182–187. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38027/33948

Jannah, I. R. W. A. dan D. R. N. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 1065–1073. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103

Larasati Nur Indah Prawesti, M. P., Adi Nugroho Susanto Putro, S. K. M. T., Mulyani Pratiwi, S. T. M. T. I., Erna Wardani, S. P. M. H., Siti Misaroh Ibrahim, M. E., Kiki Frinando Saragih, S. P., Ija Srirahmawati, M. P., Mohammad Ali Mahmudi, S. P. I. M. P., Novelina Andriani Zega, S. P. M. P., & Fatmawati, M. P. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN.

Luthfi, T., Azzahra, S., Farhan, Z. A., Mutiara Puradireja, S., Iskandar, S., Tiara, N., & Sari, A. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Penunjang Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Teaching and Learning Hal, 2(4), 484–492.

Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314

Maulida, D. A., Jannah, S. S., Saktilia, Y. R., Sajidah, L. A., Kamelia, F., SB, N. S., Prastio, B., & Wijayama, B. (2024). Media Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Merdeka Belajar. Cahya Ghani Recovery.

Nasriyanti, R., Cahyaningsih, U., & Dede Salim Nahdi. (2021). Pentingnya Model Core Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Ipa Pelajaran Ipa. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2021, 104–110.

Rabeka Putri Aini. (2024). Menelusuri Media Pembelajaran: Solusi Kreatif Untuk Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(2), 48–57. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.7689

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suleman, M. A., & Idayanti, Z. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Basicedu, 7(6), 3559–3570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6368

Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Implementasi Sitem Pendidikan Di Indonesia Guna Menjadi Calon Tenaga Pendidik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229.

Wahyuni, S., Hariandi, A., & Alirmansyah, A. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Muatan IPA Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif. Journal on Education, 5(2), 5152–5172. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1254

Wulandari, W. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Peran Sosial Media Youtube Dalam Pembelajaran Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Berajah Journal, 3(1), 39–46. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.194

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Meilina, D. M., & Afriyah, N. (2024). Penggunaan Media Digital Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 812–825. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26436