Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Umar Umar Universitas Mataram
  • Arif Widodo Universitas Mataram
  • Mohammad Archi Maulyda Universitas Mataram
  • Ashar Pajarungi Anar Universitas Mataram
  • Deni Sutisna Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2705

Abstract

Pelajaran matematika masih menjadi momok bagi peserta didik sekolah dasar. Sifat matematika yang abstrak menyebabkan peserta didik sulit memahami materi dengan baik. Oleh sebab itu, pembelajaran matematika harus dirancang agar lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika  dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen.  Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study.  Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserata didik kelas V MIN 1 Mangagarai sebanyak 37 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung= 2.945 > ttabel = 1.688  pada α= 0.05. Berdasarkan kriteria uji t maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika efektif di terapkan pada pembelajaran matematika di kelas V MIN 1 Manggarai.

References

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics - An International Journal of Mathematics Education, 5(1), 44–48.

Dahar, R. W. (2010). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Erlangga.

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Fauzi, A., Widjajanti, D. B., Widodo, A., & Umar, U. (2020). Developing the Set of Mathematics Learning Materials Based on NHT Model With Peer Assessment. Atlantis Press, 465(Access 2019), 90–93. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.024

Kaharuddin, A. (2019). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), 43–46. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.14

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika (Anna (ed.); 1st ed.). PT Refika Aditama.

Maulyda, M. A., Sukoriyanto, S., Hidayati, V. R., Erfan, M., & Umar, U. (2020). Student Representation in Solving Story Problems Using Polya Steps. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(1), 25–34. https://doi.org/10.30998/formatif.v10i1.4629

Maulyda, M. A., Umar, Erfan, M., Hidayati, V. R., & Haryati, L. F. (2020). IMPLEMENTATION OF STAD TYPE COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE MATHEMATICAL LEARNING OUTCOMES CLASS VIII STUDENTS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1–12.

Murwatiningsih, E., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). EFEKTIVITAS MODEL THINK TALK WRITE DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS 4 SD. Satya Widya, 35(1), 42–53. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p42-53

Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Satya Widya, 35(1), 33–41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41

Rangkuti, A. N. (2015). Developing a Learning Trajectory on Fraction Topics by Using Realistic Mathematics Education Approach In Primary School. IOSR Journal of Research & Method in Education Ver. III, 5(5), 2320–7388. https://doi.org/10.9790/7388-05531316

S. Sirate, F. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Soejadi. (2000). Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesiaâ€. Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konferensi Nasional Matematika X ITB, !7-20 Juli 2000).

Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Sutisna, D., Widodo, A., Nursaptini, N., Umar, U., Sobri, M., & Indraswati, D. (2020). An Analysis of the Use of Smartphone in Students’ Interaction at Senior High School. Atlantis Press, 465(Access 2019), 221–224. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.055

Tim MKPBM UPI. (2001). Common Teks Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jica Uneversitas Pendidikan Indonesia (UPI).

TIMSS. (1999). International Student Achievement in Mathematics. http://timss.bc.edu/ timss1999i/pdf/T99i math 01.pdf

Treffers. (1991). Realistic Mathematics Education in the Netherlands 1980-1990. In L. Streefland (Ed.). Realistic Mathematics Education in Primary School. CD-B Press, Freudenthal Institute.

Umar. (2018). The effectiveness of cooperative learning model of stad thype based on gagne learning theory in mathematics learning class vii at MTs with b accreditation in Makassar city. DAYA MATEMATIS : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 219–227.

Umar, U., Kaharuddin, A., Fauzi, A., Widodo, A., Radiusman, R., & Erfan, M. (2020). A Comparative Study on Critical Thinking of Mathematical Problem Solving Using Problem Based Learning and Direct Intruction. 465(Access 2019), 314–316. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.079

Wahyudi, W. (2012). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MULTIMEDIA DENGAN MACROMEDIA FLASH 8.0 UNTUK MAHASISWA S1 PGSD UKSW. Satya Widya, 28(1), 55. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i1.p55-72

Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, R., Umar, U., & Nursaptini, N. (2019). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “ Panas dan Perpindahannya †Kurikulum 2013. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744

Widodo, A., Maulyda, M. A., Fauzi, A., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Umar, U. (2020). Tolerance Education Among Religious Community Based on the Local Wisdom Values in Primary Schools. Atlantis Press, 465(Access 2019), 327–330. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.082

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik : suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika (1st ed.). Graha Ilmu.

Zaini, A., & Marsigit. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48–57.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Umar, U., Widodo, A., Maulyda, M. A., Anar, A. P., & Sutisna, D. (2020). Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 251–260. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2705