IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR ISLAM DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Valensiana Vortunata Ari UStoyo, Mufidatus Sholikhah, Lailatuz Zuhro

Abstract


Tujuan Dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan 12 guru kelas di sekolah dasar Islam se-kecamatan Sidoarjo di Kabupaten Sidoarjo sebagai subyek penelitian. Data diperoleh melalui wawancara yang dilakukan secara daring. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyampaian pembelajaran daring dilakukan secara bervariasi, aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring di tingakat sekolah dasar Islam di 12 sekolah se-kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo yaitu zoom cloud meeting, whatssapp, googleclassroom, googlemeet, bendycam, quipper dan scripts. Kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran daring ini adalah pembelajaran lebih praktis dan fleksibel, siswa mandiri dalam belajar, dll sedangkan kelemahannya adalah terbatas waktu dan jaringan internet, pantauan terhadap peserta didik kurang maksimal, dll. Kendala dari pembelajaran daring ini terdiri dari kendala pra pembelajaran, proses dan pasca pembelajaran. Untuk respon terhadap pembelajaran daring terbagi menjadi respon positi dan negatif baik respon dari guru, siswa, dan orangtua siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran Daring, pandemi covid-19, sekolah dasar Islam


Full Text:

PDF

References


Aji, W. F. D. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). Impact Of Learner Characterics On Learning Performance In Hybrid Courses Among Japanese Students. Elektronic Journal E- Learning, 5(3).

Nindia Taradisa, Nida Jarmita, E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh. Pionir : Jurnal Pendidikan.

Pendidikan, K. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Kemendikbud.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala dalam Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. .7 (2). 298. Elemantary School, 7(2).

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru (kelima). Rajagrafindo Persada.

Sadikin, Ali, D. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can E-Learning Replace Classroom Learning? Communications of the ACM.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA