Pengaruh Penggunaan Make Belief Comix Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang

Authors

  • mimamhidayatulla Universitas PGRI Palembang
  • Murjainah Universitas PGRI Palembang
  • Aan Suriadi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28106

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan make belief comix terhadap literasi digital siswa kelas V SD Negeri 35 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimen atau Eksperimen Semu dengan desain Post-test Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 35 Palembang dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V.A sebagai kelas Eksperimen dan V.B sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil posttes yang telah dilakukan bahwa nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 80,00 dan kelas Kontrol yaitu 65,00 dengan perbedaan 15% sehingga dapat dikatakan nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontol. Jika dilihat dari hasil uji normalitas dengan taraf sig. ≥ 0,05 maka dapat yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 0,200 ≥ 0,05 dan kelas kontrol 0,200 ≥ 0,05. Sedangkan berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,003 < 0,05 atau diperoleh nilai Thitung = 31,188 ≥ 2.019 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi demikian, bahwa penggunaan Make Belief Comix berpengaruh Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang.

 

References

Anisa, Rizkya Fitri, Atep Sujana, and J. Julia. 2023. “Pengaruh Komik Digital Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Daya Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 9(1):121. doi: 10.31602/muallimuna.v9i1.12643.

Dewi, Dinie Anggraeni, Solihin Ichas Hamid, Farah Annisa, Monica Oktafianti, and Pingkan Regi Genika. 2021. “Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital.” Jurnal Basicedu 5(6):5249–57. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1609.

Margiati, Dirta Putri, and Nicky Dwi Puspaningtyas. 2021. “IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGRI 1 SIDODADI.” 1(1):39–44.

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. 2021. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Purwaningtyas, Fifin Dwi, Yesi Septiana, Hesti Aprilia, and Galuh Candra. 2023. “Fifin Dwi Purwaningtyas, et Al, ‘Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar’ Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Psikologi Wijaya Putra 4(1):1–9. doi: 10.38156/psikowipa.v.

Puteri, Anami, Muhamad Ferdiansyah, and Murjainah Murjainah. 2022. “Media Komik Proklamasi Untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD.” MIMBAR PGSD Undiksha 10(1):46–53. doi: 10.23887/jjpgsd.v10i1.41070.

Ramadhani, Ayu, Marlina Agkris Tambunan, Vita Riahni Saragih, Jumaria Sirait, and Martua Reynhat Sitanggang Gusar. 2022. “Pengaruh Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek.” JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 2(02):251–60. doi: 10.47709/jbsi.v2i02.1870.

Rizky, Jesyischa, and Tito Tri. 2021. “Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital Utilization of Make Beliefs Comix Webpage to Making Indonesian Language Learning Media Based on Digital Comics.” 153–64.

Sudarmono, Lias Hasibuan, and Kasful Anwar. 2021. “Pembiayaan Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 4(1):565–78.

Widianto, Edi. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2(2):213. doi: 10.24014/jete.v2i2.11707.

Yuliana, Eneng, Sri Dewi Nirmala, and Lidwina Sri Ardiasih. 2023. “Pengaruh Literasi Digital Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7(1):28–37. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4196

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

mimamhidayatulla, Murjainah, & Aan Suriadi. (2024). Pengaruh Penggunaan Make Belief Comix Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas V SD Negeri 35 Palembang . Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 762–771. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28106