Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V Di SD Negeri 137 Palembang

Authors

  • kadekwarti Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko Universitas PGRI Palembang
  • David Budi Irawan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28247

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi motivasi siswa dalam belajar di SD Negeri 137 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif wordwall terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 137 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design. Desain dalam penelitian adalah Posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 14 Palembang. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V.A yang berjumlah 15 siswa dan V.B berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik uji coba isntrumen penelitian menggunakan validitas, reliabilitas. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar dengan menggunakan media interaktif wordwall dapat diketahui bahwa hasil angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata yang didapatkan siswa nilai posttest yaitu 88,0%. Sedangkan hasil angket motivasi belajar siswa kelas kontrol dengan rata-rata yang didapatkan siswa nilai posttest yaitu 62% . Teknik analisis data dalam penelitian diolah menggunakan uji normalitas diperoleh nilai sig 0,119 > 0,05 untuk kelas eksperimen, dan 0,200 > 0,05 untuk hasil nilai kelas kontrol. Selanjutnya uji homogenitas yaitu nilai sig0,459 > 0,05, dan uji Independen Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan  penggunaan media interaktif wordwall terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V di S

References

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 08(1), 181–187.

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1), 39–45.

Nurdin, M., Dewi, R., & muniyati, sri uni. (2023). Pengaruh Penggunaan Media interaktif Berbasis Wordwall terhadap hasil belajar IPS : Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 2(1), 69–78. https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/gjp/article/view/741

Prasasti, D. (2019). The Effectiveness of Learning Media Folklore Text of North Sumatera Based on Blended Learning by 10th Grade Students of Vocational High School Harapan Mekar-1 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2 (4), 11.

Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar., 12(3).

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2012). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Sari,A & Setiawan, A. (2018). The Development of Internal - based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal Of Active Learning, 3 (2), 100–109.

Sugiono. (2019). metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Susanto. (2021). Pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 7 (1), 155–162.

Susanto, R., & Nisa, M. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140–147.

Syarifudin. (2020) . Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkanya Social Distancing . Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5il.7072(10.21107), 31–34.

Tafonau. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2i2.113(10.32585), 2 (2).

Downloads

Published

2024-12-30 — Updated on 2024-12-30

How to Cite

kadekwarti, Endie Riyoko, & David Budi Irawan. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V Di SD Negeri 137 Palembang. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 746–761. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28247