Analisis Pembelajaran IPA di SD Dengan Model PBL Dalam Melatih Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28447Abstract
Perkembangan abad ke-21 membawa berbagai tantangan dalam bidang pendidikan. Kemunculan kecerdasan buatan (AI) menuntut dunia pendidikan untuk beradaptasi dengan perubahan zaman. Untuk menghadapi perkembangan global, siswa perlu dibekali keterampilan 4C, salah satunya adalah kemampuan critical thinking. Penerapan model (PBL) memiliki potensi bersar dalam peningkatan critical thinking pada siswa, khususnya dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mengkaji literatur terkait pemanfaatan model PBL untuk meningkatkan critical thinking pada siswa. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan objek berupa 25 artikel ilmiah berbahasa Indonesia yang telah terakreditasi SINTA. Berdasarkan analisis, model PBL terbukti efektif terhadap peningkatan keterampilan bernalar kritis, prestasi belajar, dan keikutsertaan siswa selama pembelajaran berlangsung.
References
Amri, N., & Rosnawati, V. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar
Aiman, U., Meilani, D., & Suhada, F. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Suplemen Peta Pikiran Terhadap Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 293-301.
Asti Nafsiah, & Adi Winanto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Peserta Didik Iv B Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2318–2332.
Astutik, E. P., Ayuni, N. A., & Putri, A. M. (2023). Artificial intelligence: Dampak pergeseran pemanfaatan kecerdasan manusia dengan kecerdasan buatan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(10), 31-40.Fauzia, H. (2017). The Implementation of Project-Based Learning to Improve the Learning Interest and Student Achievement. Journal of Accounting and Business Education 1(2), 161-178
Dewanto, A. C. (2023). Resiko dan Mitigasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pendidikan. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 4, 1-10.
Ekonomika, J., Bisnis, D., No, V., & Desember, N. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Menggunakan Model PBL DICONTOH ( Problem Based Learning , Discovery Learning , Contextual Teaching and Learning , dan Number Head Together ) pada Siswa Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. 4(6), 1434–1442.
Ervina, A., Suharto, Y., & Rahmawati, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Journal of Geographical Sciences and Education, 1(2), 64–78.
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Fahrunisa, A. (2019). Penerapan Model Pbl untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9, 881–890.
Firmansyah, U. A., Tandililing, E., & Mursyid, S. (2022). Meta-Analisis Penelitian Tentang Problem Based Learning Pada Tahun 2013-2018. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(6), 158-167.
Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. … : Jurnal Ilmu Sosial ….
Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 403–413.
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973
Irfiani, V., Junaedi, I., & Waluya, S. B. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 11.
Karvandi, M. K., Ibrahim, M., Nafi’ah, N., & Hidayat, M. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 981–990.
Khasanah, I., Musa, M. M., & Rini, J. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 2, pp. 22-34).
Lailaturrahmah, E., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Retensi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Peserta Didik Sd. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 1–11.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.
Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36-43.
Rambe, Y., Khaeruddin, K., & Ma’ruf, M. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 341–355.
Rahmawati, D., & Khoirunnisa, A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Keterampilan 4C. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 489-498).
Rizal, E., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Terbuka, U. (2024). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III Sekolah Dasar Materi Energi dan Sumber Energi. 1(2), 48–55.
Sahuri, S. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBI) Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Perubahan Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 3 Kesik TP. 2017/2018. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1.
Samsul Adianto, & Rony Budyanto. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Siswa Sekolah Dasar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 162–172.
Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288.
Septiyowati, T., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kecakapan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1231–1240.
Septiyowati, T., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kecakapan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1231–1240.
Supriana, I. K., Suastra, I. W., & Lasmawan, I. . W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 130–142.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Ulandari, W., Perdiansyah, F., & Zamroni, M. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Melalui Metode Problem Based Learning Siswa Kelas Iv Sdn Pinang 6 Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2).
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifqi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.