Analisis Tindak Tutur Ekspresif Humanis Siswa Kelas V Dalam Interaksi Dengan Guru Di SD 2 Singocandi

Authors

  • Jihan Fauziah Universitas Muria Kudus
  • Puji Lestari Universitas Muria Kudus
  • Artha Rizqiana Universitas Muria Kudus
  • Rani Setiawaty Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.29163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur ekspresif humanistik dalam interaksi antara siswa kelas V dan guru di SD 2 Singocandi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Teknik pengumpulan data meliputi simak bebas libat cakap, rekam, dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan pragmatik dan padan referensial dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP). Keabsahan data diuji melalui trianggulasi teori dan peneliti. Model analisis data menurut Miles dan Huberman mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V di SD 2 Singocandi dapat menggunakan tindak tutur ekspresif humanis dengan baik. Lima bentuk utama yang ditemukan adalah terima kasih, permintaan maaf, pujian, empati, dan dukungan. Pola komunikasi ini berkontribusi pada hubungan harmonis dan menciptakan suasana pembelajaran yang positif dan efektif.

 

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Fauziah, J., Lestari, P., Rizqiana, A., & Setiawaty, R. (2025). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Humanis Siswa Kelas V Dalam Interaksi Dengan Guru Di SD 2 Singocandi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.29163