Komparasi Permainan Tradisional dan Permainan Modern dalam Mendukung Penguatan Nilai Karakter Di Sekolah Dasar

Authors

  • Intan Nisa Asani Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Dina Susilowati Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Widya Ayu Febiyana Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Rani Setiawaty Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31062

Abstract

Permainan tradisional di Indonesia pernah menjadi favorit anak-anak sebelum munculnya teknologi modern. Namun, perkembangan teknologi digital telah mengubah cara bermain anak-anak, yang kini lebih memilih permainan berbasis digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji tinjauan literatur terkait perbandingan permainan tradisional dan permainan modern yang dapat mendukung nilai karakter di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review). Pengumpulan data diperoleh dengan mendokumentasikan artikel yang terkait pada penelitian serupa. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal nasional dapat diperoleh dari database Google Scholar dengan menggunakan aplikasipublish or perish. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti engklek dan congkak dapat mendorong anak untuk bekerja sama, sabar, dan sportif. Sebaliknya, permainan modern seperti game online, dapat mengembangkan kepempuan berpikir strategi dan tim kerja secara virtual. Kesimpulannya, permainan tradisional dan permainan modern yang dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan untuk berinteraksi dengan baik.

 

 

References

Abdullah, M. Y., & , Widya, H. dan K. A. (2014). LEGO (Puzzle Bingo) Games: Media Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter pada Aanak Usia Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas. Jurnal Pena, 2(1), 296–307. https://media.neliti.com/media/publications/248529-lego-puzzle-bingo-games-media-edukatif-b-3e78a007.pdf.

Astuti, W., & Thohir, M. A. (2024). Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Pendekatan Filosofis untuk Pendidikan Karakter. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 218–225. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p218-225.

Azis, A. A., & Hidayat, S. (2022). Pengaruh Game Online Free Fire terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Dasar (Vol. 9, Issue 2). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Eka, S., Lubis, F., & Saragi, D. (2023). Permainan Tradisional Marampera Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar. https://doi.org/10.47709/geci.

Ernestina, M., F. R. (2022). Studi Komparasi Komunikasi Pada Anak Dengan. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 01, Issue 02).

Farrahiyah A. Putry E., Ridwan L., I. A. I. C. (2023). Studi Perbandingan Permainan Tradisional Dan Game Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Al-Anshor Ambon. Jurnal Induksi Pendidikan Dasar, 1, 1–10.

Heriyanto Putri Reydita, M., & Peni Robiah N. (2024). Studi Literatur: Implementasi Game Edukasi Matematika dalam Pendidikan Karakter3.0. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 1(2), 78. https://doi.org/10.36549/ijis.v1i2.19.

Laily, I. (2015). Penerapan Permainan Tradisional Sebagai Salah Satu Penguatan Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Primary, 07, 220–233.

Lukman Praja, A., Sholihah Nurfaidah, S., & Rahmiati, D. R. (2024). Penggunaan Sarana Belajar Melalui Permainan Tradisional Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Sekolah Dasar. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/jpmikp

Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3, 70–76.

Muhaniyah, L. H., & , Rifa Suci Wulandari, R. A. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng Terhadap Nilai Karakter Kejujuran Aud. In Jurnal Mentari (Vol. 1, Issue 2).

Mukramin, un, Rahayu Nengsi, S., Pajarwati, L., Dwi Lestari, W., Dwianti, U., & Muhammadiyah Makassar, U. (2024). Penanaman Nilai Karakater Gotong Royong Melalui Permainan Tradisonal Bakiak Pada Peserta Didik Kelas Iv Di SD Inpres Lambengi. Batara Wisnu Journal: Indonesian Journal of Community Services, 4(2), 306–317. https://doi.org/10.53363/bw.v4i2.251.

Puspita Sari, W., & Fransiscus Xaverius Sri Sadewo, D. (2024). Habituasi Permainan Tradisional Sebagai Media Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Pacarkeling 1 Surabaya (Vol. 13).

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Character Education Value in the Expression of Hikmah in the. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 63–79.

Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional Vs Permainan Modern Dalam Penanaman Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal), 1, 85–94.

Sri Rejeki, H., & Ardiansyah, A. (2018). Permainan Tradisional Kadende Sorong Dalam Membentuk Karakter Anak Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And, 7–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/index.

Sutama, I. W. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Permainan Tradisional Sasak. https://www.researchgate.net/publication/355884740.

Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116.

Uswatun Hasanah, Betha Oktariya, N. A. (2024). Analisis Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Widiastuti NMD, & Kusuma PSD. (2021). Kajian Permainan Tradisional Bali Untuk Membantu Pembentukan Karakter Dan Keterampilan Sosial Anak. Segara Widya, 9, 98–105.

Zulkhi, M. D., & Jannah, M. (2022). Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(2), 42–46. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.196.

Downloads

Published

2025-12-02 — Updated on 2025-12-16

Versions

How to Cite

Nisa Asani, I., Susilowati, D., Ayu Febiyana, W., & Setiawaty, R. (2025). Komparasi Permainan Tradisional dan Permainan Modern dalam Mendukung Penguatan Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 290–304. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31062 (Original work published December 2, 2025)