Komparasi Permainan Tradisional dan Permainan Modern dalam Mendukung Penguatan Nilai Karakter Di Sekolah Dasar

Authors

  • Intan Nisa Asani Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Dina Susilowati Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Widya Ayu Febiyana Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Rani Setiawaty Program Studi PGSD Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31062

Abstract

Permainan tradisional di Indonesia pernah menjadi favorit anak-anak sebelum munculnya teknologi modern. Namun, perkembangan teknologi digital telah mengubah cara bermain anak-anak, yang kini lebih memilih permainan berbasis digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji tinjauan literatur terkait perbandingan permainan tradisional dan permainan modern yang dapat mendukung nilai karakter di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review). Pengumpulan data diperoleh dengan mendokumentasikan artikel yang terkait pada penelitian serupa. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal nasional dapat diperoleh dari database Google Scholar dengan menggunakan aplikasipublish or perish. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti engklek dan congkak dapat mendorong anak untuk bekerja sama, sabar, dan sportif. Sebaliknya, permainan modern seperti game online, dapat mengembangkan kepempuan berpikir strategi dan tim kerja secara virtual. Kesimpulannya, permainan tradisional dan permainan modern yang dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan untuk berinteraksi dengan baik.

 

 

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Nisa Asani, I., Susilowati, D., Ayu Febiyana, W., & Setiawaty, R. (2025). Komparasi Permainan Tradisional dan Permainan Modern dalam Mendukung Penguatan Nilai Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 290–304. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31062