PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

Lu'luun Nafisah, Syamsul Ghufron, Mohammad Taufik, Akhwani AKhwani

Abstract


Penelitian ini mengenai peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2020 sampai dengan Juni 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Kemala Bhayangakri 1 Surabaya, mendeskripsikan karakter yang terbentuk, mendeskripsikan kendala dalam proses pembentukan dan mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembina pramuka golongan penggalang yakni dari kelas 3, 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan wawancara Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang sudah terbentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya adalah karakter disiplin dan mandiri, dan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan adalah kegiatan tali-menali dan baris-berbaris. Kesimpulannya bahwa indikator dari karakter disiplin adalah hadir tepat waktu, mematuhi aturan, menepati jadwal pelajaran apabila siswa tersebut memiliki jadwal pelajaran. Kemudian indikator dari karakter mandiri adalah tidak bergantung pada orang lain, terlibat aktif dalam semua pembelajaran di kelas, bersedia mengerjakan tugas individual dan kelompok di depan kelas.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Mubiar. 2014. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran: Panduan untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua, dan Tetangga. Bandung: PT Refika Aditama.

Aji, Herucakra. 2016. ‘’Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta’’. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 1 Vol. V Tahun 2016

Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, H. 2014 Pendidikan Karakter, Bandung: Alfabert

Permendikbud No.63 Tahun 2014 ‘’Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah’’.

Rahmat, P.S. 2019. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, Jati. 2015. ‘’Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri IV Wates’’. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke IV Januari 2015

Woro, Sri dan Marzuki. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakater Tanggung jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang”. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA