Pengaruh Metode Story Mapping Berbasis Flipbook Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Siti Nafisah Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Suharmono Kasiyun Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Syamsul Ghufron Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Rudi Umar Susanto Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31649

Abstract

Keterampilan membaca merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Namun, berdasarkan hasil observasi di UPT SDN 263 Gresik, keterampilan membaca siswa kelas 5 masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode story mapping berbasis flipbook terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca sebelum dan sesudah perlakuan, lalu dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa adalah 61,91 dengan standar deviasi 11,27, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 87 dengan standar deviasi 4,348. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi pretest sebesar 0,678 dan posttest sebesar 0,481. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan metode story mapping berbasis flipbook terbukti berpengaruh dalam peningkatan keterampilan membaca siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

References

Aryani, V., Susanti, E., Peby Andriyani, R., & Setyawati, R. (2022). "Analisis Kesulitan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I". Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 424–436.

Asih, P. K., Hawanti, S., & Wijayanti, O. (2020). "Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Keterampilan Membaca". Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.25404

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). "Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar". Journal of Elementary Education, 04(05), 5.

Deny, M., & Darwis, D. (2023). Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Hipertensi Di RS TK II Pelamonia. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(2).

Fadilah, O. N., & Masitoh, S. (2018). "Strategi Story Mapping Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Anak Tunarungu". Jurnal Pendidikan Khusus, 1–14.

Fitria, A. (2024). "Penerapan metode pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) berbasis media flipbook dalam meningkatkan membaca pemahaman Siswa". Academy of Education Journal, 15(1), 240–249. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2161

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika,9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hoerudin, C. W. (2024). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar". Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(1), 1–15.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). "Artikel Statistik yang Benar". Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Khairunnisa, S. (2016). "Kefektifan Strategi Story Mapping Dalam Pembelajaran Membaca Intensif Siswa SD Kelas III Dabin III Dirgantara Kecamatan Karanganyar". Thesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mariamah, M., Putrayasa, I. B. P. B., & Sudiana, N. (2022). "Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 733–739. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2797

Minha, Y. (2017). "Penggunaan Teknik Story Mapping Dalam Memahami Teks Naratif Pada Siswa Kelas X Kc Di Smkn3 Kota Bengkulu". Triadik, 16(2), 12. Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). "Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test)". D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Pratiwi, C. P. (2020). "Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558

Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). "Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi". Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Rahmawati, R., Sekar Kusuma, W., & Primashanti Koesmadi, D. (2023). "Pengaruh Media Digital Art Illustration Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B". 7(01), 63–73.

Rianto, B., Pebriana, P. H., Nurhaswinda, N., Sumianto, S., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). "Penerapan Model Pembelajaran Questioning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 429–442. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.3879

Rosyidah, R. N. (2023). "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca". Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). "Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar". Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917.

Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). "Pengembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314–8330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3735

Zahra, T. A., Dewi, R. K., Lestari, D. A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook” Karakter Anak Bangsa, Indonesia Beradab” untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 615-623.

Zikri, I., Taufina, T., & Marlina, M. (2020). Efektifitas Graphic Organizer Story Map terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1228–1235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.525

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Siti Nafisah, Suharmono Kasiyun, Syamsul Ghufron, & Rudi Umar Susanto. (2025). Pengaruh Metode Story Mapping Berbasis Flipbook Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 368–378. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31649