Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Semambung II

Authors

  • Revita Anna Brahmasari Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Suharmono Kasiyun Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Akhwani Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Dewi Widiana Rahayu Program Studi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31704

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi makna sila-sila Pancasila di
kelas IV SDN Semambung II Kab. Sidoarjo memerlukan model pembelajaran
yang mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik secara
aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik
sebelum dan sesudah penerapan model snowball throwing, serta untuk
menganalisis apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan
setelah penerapan model snowball throwing. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek
penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas IV SDN Semambung II Kab.
Sidoarjo. Peserta didik diberikan tes awal (pretest) sebelum proses
pembelajaran dimulai dan tes akhir (posttest) setelah pembelajaran
menggunakan model snowball throwing. Hasil menunjukkan adanya
peningkatan nilai peserta didik, dari rata-rata pretest sebesar 56,67 menjadi
88,17 setelah posttest. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Model
snowball throwing efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Anuraga et al. (2021). "Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar Dengan Software R ". Jurnal BUDIMAS, Vol. 03, No. 02.

Arifin, Y., & Us, T. (2018). “Penerapan Model Snowball Throwing untukThe Application Of The Snowball Throwing learning Model To Improve The Activeness and Learning Outcomes.”

Asyafah, A. (2019). “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam).” In TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education (Vol. 6, Issue 1). Online. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Bukoting, S. (2023). “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 03, 70–82.

Dakhi, A. S. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” https://www.kompasiana.com/rangga93/55292bc6f

Ekasari, R., Dicky Denitri, F., Fathoni Rodli, A., & Rezki Pramudipta, A. (2021). "Analisis Dampak Disrupsi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 ". 4(1).

Febrinita, F. (2022). “Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Matematika Komputasi Pada Mahasiswa Teknik Informatika.” In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 1).

Handayani, R. L., Dwi, E., Sina, I., Matematika, J. P., & Tegal, U. P. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah.” Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2, 119–124.

Iswara, M., Ratnaningsih, A., & Suyoto. (2023). “Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PKN Kelas IV SDN Kedungpucang TA 2020/2021.” In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 2). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd

Nainggolan, R. E., Thesalonika, E., & Simanjuntak, M. M. (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa.” Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 3(4), 202–211. https://doi.org/10.56855/intel.v3i4.1205

Purwaningsih. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Cikarang Utara

Kabupaten Bekasi.” Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 422–427.

Putri, E. Z., & Ekohariadi. (n.d.). “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Chamilo Terhadap Hasil Belajar Siswa.”

Raudhlatul, Harianto, & Haslan, M. (2019). “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPkn Kelas VIII SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, Vol. 6, 182–192.

Samosir, Y., Lumban Gaol, R., Remigius Abi, A., Julinda Simarmata, E., & Mahulae, S. (2023). “Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 6 Onanrunggu Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2022/2023.” Jurnal Bina Gogik, 10(2), 398–403.

Wulandari, K., Nichla, S., & Attalina, C. (2023). “Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas 5 Sekolah Dasar.” Journal Genta Mulia, 15(1), 123–130

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Revita Anna Brahmasari, Suharmono Kasiyun, Akhwani, & Dewi Widiana Rahayu. (2025). Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Semambung II. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 379–391. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31704