Efektivitas Media Mystery Box Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.31223Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya materi keberagaman budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas media Mystery Box Education terhadap hasil belajar siswa kelas IV di sekolah dasar negeri di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Design tipe one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-B yang dipilih secara acak dari dua kelas yang tersedia. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan uraian yang terdiri dari pretest dan posttest sebanyak 15 soal. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 13,6% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan setelah perlakuan menggunakan media Mystery Box Education, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan, di mana 95,5% siswa berhasil melampaui KKM. Analisis N-Gain menunjukkan bahwa 54,5% siswa mengalami peningkatan tinggi, dan 45,5% mengalami peningkatan sedang. Dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,71, dapat disimpulkan bahwa media Mystery Box Education efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV sekolah dasar negeri di Surabaya.
References
Arioen, R., Ahmaludin, H., Indriyani, J., & Wisnaningsih. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Dalilah, E. A. (2021). Mengikisnya Nilai Persatuan dan Kesatuan Pada Masyarakat. https://doi.org/10.31219/osf.io/hkfj5
Dewi, K. A., Rahayuni, K. K., Apriani, N. L., & Ardiawan, I. K. N. (2025). Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengajarkan Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 9(1), 71–81. https://doi.org/10.31004/basicedu.v9i1.9110
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 181–189.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nugraha, R. G., & Solihin, F. K. (2017). Model Learning Cycle to Increase Student Critical Thinking on the Concept of IPS Learning Environment in Elementary School. Jurnal Pesona Dasar, 5(2), 34–45.
Sundayana, R. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Windayanti, S., Muhajir, M., & Rismawati, R. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Mystery Box Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PPKN Di SD Negeri 8 Tamasongo Kabupaten Takalar. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(1), 304–323. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i1.2858
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Satria Akmal Zhaka Wali, Akhwani, Nafiah, Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
